26 Juli 2015

LINE Lite: Aplikasi LINE Ringan untuk Android [DIHENTIKAN]

Ditulis oleh pada 26.7.15

Seminggu lebih pasca lebaran, baru bisa ngetik lagi di Memudahkan, sebelum membahas aplikasi LINE Lite, saya mohon maaf atas semua kesalahan 🙏

LINE Lite. Aplikasi LINE Ringan untuk Android

Hampir semua aplikasi Android dewasa ini mengantongi izin untuk mengakses internet, terutama aplikasi-aplikasi perpesanan instan macam BBM, WhatsApp, LINE, dsb. Masalahnya, tidak semua pengguna Android di negara-negara berkembang (termasuk Indonesia) memiliki akses internet yang stabil dan cepat. Padahal, perkembangan pemakai smartphone di negara berkembang bisa dibilang lebih cepat daripada perkembangan kualitas internetnya 😄

Seolah mengikuti jejak Facebook yang merilis aplikasi Facebook Lite (aplikasi Facebook ringan untuk Android), LINE Corporation selaku pemilik dan pengelola aplikasi LINE merilis aplikasi baru yang dinamai LINE Lite. Seperti namanya, LINE Lite adalah aplikasi LINE versi ringan yang saat ini sudah tersedia untuk pengguna Android di sebelas negara, yaitu Algeria, Kamboja, Kolombia, Mesir, India, Meksiko, Pakistan, Filipina, Arab Saudi, Korea, dan Vietnam.

Indonesia kapan? Berdasarkan rilis resminya, LINE Lite akan dirilis di negara selain yang sudah tersebut tadi berdasarkan permintaan dan kebutuhan penggunanya (makin banyak yang minta dan butuh, makin cepat rilisnya). Jadi kalau ingin LINE Lite segera tersedia di negara tercinta kita, jangan ragu untuk melakukan request melalui akun resmi LINE yang tersebar di berbagai media sosial.

Meski menyandang nama Lite, aplikasi LINE Lite memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki aplikasi LINE reguler. Salah satu kelebihan LINE Lite yang paling jelas adalah ringan, hanya berukuran kurang dari 1MB, sangat cocok untuk smartphone Android berspesifikasi rendah dengan koneksi internet yang bikin gelisah.

Line Lite Dihapus

Secara garis besar, LINE Lite untuk Android memiliki fungsi yang sama dengan LINE reguler, sama-sama bisa buat kirim dan terima pesan teks, gambar, dan sticker. Fungsi obrolan dengan banyak orang di grup LINE juga bisa dilakukan dengan LINE Lite. Walau demikian, saat ini LINE Lite belum memiliki fungsi Audio/Video Call dan Timeline (yang kabarnya akan ditambahkan pada update-update selanjutnya).

Aplikasi LINE Lite untuk Android bisa dipasang pada smartphone Android 4.0 ICS ke atas (mohon maaf untuk pengguna Gingerbread ke bawah). Sayangnya (seperti yang sudah dibahas di atas), saat ini Indonesia belum termasuk dalam negara tujuan perilisan LINE Lite (mungkin nanti juga kebagian sob).

Sembari menunggu, kita bisa mengunduh LINE Lite APK melalui APK Mirror, atau cek langsung di Play Store (kali aja sudah bisa diunduh dari Indonesia). Selamat mencoba 😊

UPDATE 18/08/2015: Aplikasi LINE Lite kini telah tersedia untuk pengguna Android di Indonesia sob, silakan unduh langsung melalui Google Play Store.

UPDATE 26/07/2022: Setelah beroperasi selama 7 tahun, LINE Lite akhirnya dihentikan, sob. Benar, aplikasi LINE Lite telah dihapus dari Play Store semenjak 28 Februari 2022 lalu. Buat Anda yang masih berminat menggunakan layanan LINE bisa langsung pindah ke aplikasi LINE reguler.

Data-data seperti daftar teman, grup, serta sticker dari LINE Lite akan otomatis sinkron dengan aplikasi LINE reguler. Meski demikian, riwayat obrolan dari LINE Lite tidak bisa dipindahkan ke LINE reguler, tapi bisa disimpan secara terpisah bila dikehendaki. Info lebih lanjut mengenai pemindahan akun LINE bisa dibaca di laman bantuan LINE.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×