23 November 2016

Mengatasi Analog Kanan Gamepad Xiaomi Tidak Berfungsi

Pada artikel tentang gamepad sebelumnya, Memudahkan telah mengulas bagaimana cara menghubungkan stick bluetooth ke Android. Lebih spesifik lagi, stick yang dibahas adalah gamepad Xiaomi.

Analog kanan Xiaomi gamepad

Untuk mayoritas game Android yang mendukung penggunaan stick, gamepad Xiaomi bisa berfungsi sebagaimana mestinya sob.

Meski demikian, pada beberapa game bergenre FPS seperti Neon Shadow atau Dead Effect 2, analog kanan Xiaomi gamepad ternyata tidak terdeteksi, tidak merespon sama sekali walau sudah ditekan ke segala arah. Padahal untuk game lain macam Dead Trigger atau Modern Combat 5, analog kanan gamepad Xiaomi bisa digunakan sesuai fungsinya.

Apakah ini hanya terjadi pada gamepad Xiaomi yang saya coba, atau ada Sobat Memudahkan yang mengalaminya juga? Setelah melakukan penelusuran, beberapa member forum XDA juga mengalami hal serupa sob.

Untungnya, masalah analog kanan Xiaomi Gamepad ternyata mudah diatasi, asal perangkat Android kita sudah memiliki akses root. Bagaimana cara memperbaiki analog kanan Xiaomi gamepad yang tidak berfungsi pada beberapa game tertentu? Silakan ikuti video tutorial berikut ini.



Seperti yang sudah disebutkan di video, analog kanan gamepad Xiaomi bisa difungsikan kembali dengan mengganti atau menambahkan file berekstensi .kl ke folder keylayout. File tersebut bisa diunduh melalui link yang tertera, atau kita buat sendiri dengan kode berikut.

# Xiaomi Gamepad

key 304 BUTTON_A
key 305 BUTTON_B
key 307 BUTTON_X
key 308 BUTTON_Y
key 310 BUTTON_L1
key 311 BUTTON_R1
key 312 BUTTON_L2
key 313 BUTTON_R2
key 315 BUTTON_START
key 314 BACK
key 172 HOME
key 317 BUTTON_THUMBL
key 318 BUTTON_THUMBR

axis 0x00 X
axis 0x01 Y
axis 0x02 Z
axis 0x05 RZ
axis 0x06 RTRIGGER
axis 0x0a LTRIGGER
axis 0x10 HAT_X
axis 0x11 HAT_Y

Salin kode di atas ke Notepad++ lalu simpan dengan nama Vendor_2717_Product_3144.kl dan masukkan ke folder /system/usr/keylayout (jangan lupa ubah permission-nya ke -rw--r--r).

Setelah itu lepaskan lalu hubungkan kembali gamepad Xiaomi ke Android dan coba mainkan game yang butuh analog kanan. Reboot perangkat Android Anda jika analog kanan gamepad Xiaomi masih belum terdeteksi. Selamat mencoba sob 😎🎮

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×