26 Oktober 2016

Cara Mengaktifkan OK Google di Android Bahasa Indonesia

Seiring hadirnya ponsel Android Pixel dan Pixel XL, Google juga merilis asisten personal cerdas yang dinamakan Google Assistant. Bedanya apa dengan Google Now? Sebelas dua belas sob, namun tentu saja Assistant memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dari pendahulunya (seperti kemampuan untuk ngobrol dua arah dan juga pemrosesan bahasa yang lebih alami berkat adanya algoritma natural language).

Perintah suara OK Google

Sayangnya, Google Assistant saat ini hanya tersedia untuk pengguna ponsel Google Pixel dan Pixel XL (serta pengguna Android Nougat yang telah mencoba APK-nya). Meski demikian, pengguna Android Marshmallow (atau yang lebih lama) bisa juga mencicipi versi preview dari Assistant melalui aplikasi chat Google Allo.

Ok, kembali ke judul. Lupakan sejenak Google Assistant dan ketahui terlebih dahulu mengenai Google Now, yang sama-sama bisa diaktifkan dengan perintah suara "OK Google". Tidak seperti Assistant, Google Now untuk saat ini bisa dijangkau dan digunakan oleh pengguna Android 4.4 KitKat atau yang lebih baru (Jelly Bean juga bisa namun dengan fitur yang terbatas).


Secara default, fitur perintah suara OK Google telah disertakan di ponsel Android yang sudah dipasangi aplikasi Google Search versi 3.5 atau yang lebih tinggi. Agar aplikasi tersebut bisa mengenali perintah suara OK Google, kita perlu melakukan beberapa pengaturan berikut.

  1. Update aplikasi Google ke versi terbaru (bila belum).
  2. Jalankan kemudian masuk ke Menu > Setelan > Suara > Deteksi "Ok Google".
  3. Lalu aktifkan opsi 'Dari aplikasi Google'.
  4. Sip, kini kita bisa menggunakan 'OK Google' saat kita membuka aplikasi Google Search.

Kok opsi "Dari layar mana pun" tidak bisa dipilih? Begini sob, untuk mengaktifkan OK Google dari layar mana pun (tidak harus melalui aplikasi Google), kita wajib mengubah bahasa utama suara ke 'English' (karena bahasa kita saat ini belum didukung). Cara mengubah bahasa suara aplikasi Google bisa disimak dalam ulasan singkat berikut.

  1. Pada aplikasi Google, tuju Menu > Setelan > Suara > Bahasa.
  2. Beri centang pada 'English (US)'. PENTING: Jangan lupa untuk mencentang 'Bahasa Indonesia (Indonesia)' agar Google juga mengenali perintah suara dalam bahasa nasional kita. 
  3. Kemudian tekan lama 'English (US)' untuk mengaturnya sebagai bahasa utama.

Nah, setelah bahasa utama disetel ke 'English', kita bisa memilih opsi untuk mengakses perintah suara OK Google dari layar mana pun (Menu > Setelan > Suara > Deteksi "Ok Google" > "Dari layar mana pun").

Bagaimana cara menggunakan OK Google di Android? Mudah sekali sob, buka aplikasi Google, atau cukup nyalakan layar Android (bila Anda memilih opsi 'Dari layar mana pun'), kemudian ucapkan frasa 'OK Google' diikuti dengan perintah atau pertanyaan tertentu. Misalnya seperti yang ditunjukkan pada video ini.


Pada video di atas, terdapat setidaknya 10 perintah suara OK Google yang memudahkan kita mencari informasi atau mengakses fitur tertentu pada perangkat Android tanpa menyentuhnya sama sekali (berguna kala kita menyetir atau lagi mager/males gerak).

Cuma sepuluh? Masih banyak sob, ada sekitar 30 perintah suara yang bisa disimak pada video eksklusif (bagian 2 dan 3) yang ada di channel YouTube Memudahkan. Penasaran? Silakan mampir dan jangan lupa like, share, dan subscribe ya :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×