01 Juli 2017

Cara Upload Foto dari Galeri ke Instagram Stories

Ditulis oleh pada 1.7.17
Umumnya, Instagram Stories dibuat dengan foto atau video yang diambil langsung dengan kamera pada saat itu juga. Nah, dari situ timbul pertanyaan sob, bisakah kita menggunggah foto/video dari galeri ke Instagram Stories?

Upload Foto dari Galeri ke Instagram Stories

Berdasarkan konsep yang diusung Instagram Stories, kita hanya bisa mengunggah foto atau video yang diambil dalam kurun waktu 24 jam. Artinya, foto/video yang diambil kemarin (atau yang lebih lama dari sehari semalam) tidak akan bisa diupload ke Instagram Stories.

UPDATE 29/06/2019: Konsep tersebut sekarang sudah berubah, sob. Kini Instagram mengizinkan kita untuk mengunggah foto lama (berumur lebih dari 24 jam) ke Instagram Stories.

Berarti kita masih bisa upload foto baru dari galeri, meski tak diambil langsung via kamera Instagram? Benar sob, ternyata kita bisa menggunakan foto dari galeri sebagai bahan untuk membuat 'Stories' di Instagram, asal foto tersebut diambil pada hari itu juga, caranya sebagai berikut.

UPDATE 29/08/2017: Sebagai akibat dari pembaruan aplikasi Instagram yang berkesinambungan, screenshot pada artikel ini tidak lagi up to date sob. Oleh karena itu, silakan cek artikel terbaru Memudahkan tentang cara unggah foto dan video dari galeri Instagram dengan screenshot yang kekinian. Terima kasih 😊


Cara Upload Foto dari Galeri ke Instagram Stories


  1. Ambil foto/video pakai kamera apa saja (otomatis tersimpan di galeri). Gambar screenshot juga bisa sob.

  2. Buka kamera Instagram Stories (tekan tombol kamera di pojok kiri atas atau swipe layar ke kanan).

  3. Kemudian ketuk thumbnail di kanan tombol kamera (atau swipe layar ke atas) pada tampilan kamera untuk memilih foto/video dari galeri.

    Upload Foto dari Galeri ke Instagram Stories terbaru

  4. Pilih foto yang diinginkan sebagai bahan 'Stories' Anda.

Biar makin jelas, simak video tutorial upload Instagram Stories dari gallery berikut ini.

UPDATE 28/11/2016: Video di bawah ini dibuat dengan aplikasi Instagram versi lama. Agar tetap kekinian, Memudahkan telah membuat video baru (dengan aplikasi Instagram terbaru tentunya) yang bisa dilihat melalui tautan ini 👍



Iya, foto yang muncul di tampilan kamera Instagram Stories (paling atas) merupakan foto yang diambil dalam 24 jam terakhir, jadi foto lama akan ditampilkan di bagian bawahnya. Padahal pengen upload koleksi foto lama ke Instagram Stories, min. Tenang sob, dengan sedikit trik, kita bisa mengunggah foto lama (yang sudah terpendam di bawah galeri) ke Instagram Stories. Simak cara di bawah ini.


Cara Unggah Foto Lama ke Instagram Stories (Agar foto muncul paling atas di galeri)


  1. Siapkan foto lawas Anda, boleh foto kemarin, foto seminggu, sebulan, atau setahun yang lalu.

  2. Edit foto tersebut dengan aplikasi foto editor apa saja lalu simpan. Dalam hal ini saya mengedit foto Minion dengan aplikasi Prisma.

  3. Buka kamera Instagram Stories dan swipe ke atas atau bawah untuk memilih foto hasil editan tersebut.

  4. Foto yang diedit tadi akan dianggap sebagai foto baru dan akan muncul di bagian atas galeri kamera Instagram Stories.

  5. Bagaimana dengan video? Mudah juga sob, edit sedikit pakai aplikasi video editor Android atau tinggal rename/ganti nama file video tersebut sesuai selera agar muncul di galeri Instagram Stories (atau sering disebut juga dengan Snapgram).

Selain melalui kamera bawaannya, pada dasarnya Instagram memang mengizinkan kita untuk mengupload foto atau video dari galeri ke 'Stories', walau hanya sebatas foto baru (diambil pada hari itu).


Nah, agar foto lama juga bisa diunggah ke Instagram Stories, kita wajib mengeditnya terlebih dahulu agar berubah menjadi foto "baru". Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×