16 Juni 2016

Cara Main Game di Facebook Messenger [Sepak Bola, Basket, dan Catur]

Meski sudah punya WhatsApp, bukan berarti Facebook melupakan aplikasi perpesanan instannya sob. Iya, pengembangan aplikasi Messenger masih terus berjalan hingga saat ini, bahkan Facebook menambahkan berbagai fitur baru yang (mungkin) tidak akan pernah kita temui di WhatsApp, sebut saja game.

Main Game di Facebook Messenger

Game? Benar sob, selain berguna untuk berkirim pesan teks dan multimedia, Facebook Messenger ternyata juga memiliki beberapa game tersembunyi yang bisa dimainkan langsung melalui laman chat-nya.

Sampai artikel ini diterbitkan, ada tiga game yang bisa kita mainkan di aplikasi Facebook Messenger (baik untuk Android maupun iOS), yaitu Chess, Basketball, dan Soccer.


Chess


Seperti umumnya game catur, kita bisa memainkan Chess bersama salah satu teman Facebook kita. Bagaimana caranya? Simak cara main catur di Facebook Messenger berikut ini.

  1. Untuk mulai bermain dengan warna bidak acak, kirim pesan '@fbchess play' di laman chat Messenger (bisa di aplikasi maupun Messenger Web).

    Chess

  2. Bila Anda ingin bermain dengan warna bidak tertentu, ketik '@fbchess play white' atau '@fbchess play black'.

  3. Selanjutnya papan catur lengkap dengan bidaknya akan muncul.

  4. Pilih bidak catur dengan menggunakan kode 'K' untuk King, 'Q' untuk queen, 'B' untuk bishop, 'N' untuk knight, 'R' untuk rook, or 'P' untuk pawn.

    fbchess

  5. Untuk menggerakkan bidak catur, ketik '@fbchess' diikuti kode bidak dan notasi Algebraic (AN). Misalnya '@fbchess Pe4' untuk menggerakkan pawn ke 'e4'.

  6. Masih bingung? Ketik dan kirim '@fbchess help' untuk mengetahui intruksi lengkap bermain catur di Facebook Messenger.


Bila papan caturnya dirasa terlalu kecil, kita juga bisa meneruskan permainan melalui situs Facebook di PC atau laptop, klik ikon gir di jendela percakapan > 'Lihat percakapan penuh (See Full Conversation)'.

Agak susah memang mainnya sob, tidak seperti main catur di game lain yang tinggal pilih dan geser untuk menggerakkan bidak. Meski begitu, buat Anda yang sering chat di Fb Messenger dan gemar bermain catur, game Chess sangat layak untuk dicoba.


Basketball


Penggemar olahraga basket tentu tahu tentang March Madness. Buat yang belum tahu, March Madness adalah turnamen basket tingkat nasional antar tim perguruan tinggi di Amerika Serikat yang diadakan pada musim semi (umumnya pada bulan Maret).

Untuk meramaikan March Madness, Maret lalu Facebook menyisipkan game bertema basket di aplikasi Messenger. Cara memainkan game Basketball di Facebook Messenger sangat mudah sob, tinggal kirim emoji bola basket 🏀 ke salah satu teman melalui aplikasi Messenger lalu tekan emoji tersebut.

Basketball


Tak lama kemudian bola basket beserta ringnya akan muncul. Swipe bola basket ke arah ring untuk mulai bermain. Setelah bermain, skor tertinggi Anda akan ditampilkan di laman chat; ampuh untuk menantang teman Anda bermain dan meraih skor yang lebih tinggi.


Soccer


Ini yang paling baru sob. Bertepatan dengan ajang UEFA Euro 2016, Facebook merilis game Soccer untuk Messenger. Tidak jauh berbeda dengan game basket yang sudah dibahas tadi, kita bisa memainkan game sepak bola di aplikasi Messenger dengan cara mengirim emoji bola sepak ⚽️ di laman chat lalu mengetuknya.

Sebuah bola sepak akan muncul dan tugas kita adalah mengetuk bola tersebut dan menjaganya tetap di udara (juggle). Iya, seperti juggling bola di dunia nyata, mempertahankan bola sepak di Messenger juga tidak kalah sulit sob, namun setidaknya saya bisa mendapatkan skor juggle yang lebih tinggi dibandingkan di dunia nyata :v

Soccer


Nah, buat Anda yang suka bola dan lagi pusing mengamati jadwal bola malam ini atau bosan menunggu siaran langsung Euro 2016, bermain game Soccer di Facebook Messenger tentu lebih mengasyikkan sob. Selamat mencoba :)


NB: Pastikan Anda telah memasang aplikasi Facebook Messenger terbaru sebelum memainkan game di atas.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×