23 April 2016

VPN Gratis Unlimited dari Opera Browser [Bisa Buka Situs yang Diblokir]

Apa itu VPN? Virtual Private Network atau VPN adalah jaringan khusus yang menghubungkan kita dengan internet. Semua data yang dikirim dan diterima dari internet melalui VPN telah dienkripsi sedemikian rupa untuk menyamarkan identitas dan lokasi kita.

VPN Gratis Unlimited dari Opera Browser

Apa kegunaannya? Biasanya, VPN digunakan untuk mengakses situs web yang diblokir atau sekedar menjaga keamanan privasi kita (dari hacker atau stalker) saat menjelajahi dunia maya.

Untuk mengakses internet melalui VPN, diperlukan aplikasi, ekstensi, atau layanan khusus yang pada umumnya berbayar (harus daftar dan langganan). Kalaupun ada VPN gratis, dipastikan ada beberapa fitur yang penggunaannya dibatasi (kecepatan, waktu akses, dsb.).

Kabar gembiranya, belum lama ini Opera versi terbaru dirilis dengan fitur VPN yang terintegrasi. Iya, kini kita tidak perlu lagi daftar, pasang ekstensi/aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan akses VPN, cukup pakai browser Opera. Berbayarkah? Tenang, fitur VPN dari Opera (sampai artikel ini diterbitkan) bersifat gratis dan tanpa batasan kuota. Wow!

Buat Android ya min? Bukan sob, saat ini fitur VPN gratis hanya tersedia di browser Opera versi desktop (iya, yang buat PC atau laptop). Buat yang pengen fitur VPN di Opera untuk Android, sepertinya harus menunggu untuk waktu yang belum ditentukan.

Kok bisa gratis ya? Unlimited lagi. Bisa sob, pasalnya pada tanggal 19 Maret yang lalu, Opera Software ternyata telah mengakuisisi SurfEasy Inc., sebuah perusahaan VPN asal Amerika Utara. Nah, oleh karena itulah, Opera bisa mengintegrasikan layanan VPN dari SurfEasy di browser besutannya.

Untuk menikmati VPN gratis dari Opera Desktop (Windows, Linux, Mac), silakan download, pasang, dan jalankan Opera versi developer channel. Kemudian buka 'Menu > Settings > Privacy & Security > Enable VPN'.

UPDATE 21/09/2016: Opera desktop versi 40 stable sekarang sudah memiliki fitur VPN secara default sob, jadi kita tak perlu lagi memasang versi developer untuk menggunakan virtual private network gratis dari Opera.

Bagaimana dengan Android? Cek artikel VPN Gratis Unlimited untuk Android dengan Opera VPN ;)

Privacy & Security > Enable VPN


Setelah VPN diaktifkan, kita akan menemukan ikon VPN berwarna biru di sisi kiri 'Address Bar' Opera saat membuka suatu situs. Klik ikon tersebut untuk membuka 'popup' pengaturan dan info lanjutan dari VPN yang sedang aktif.



Di sana kita bisa menghidupmatikan VPN, mengetahui data VPN yang sudah digunakan, mengganti lokasi/negara (baru tersedia tiga negara; Amerika Serikat, Kanada, dan Jerman) dan juga melihat alamat IP kita.

Sebagai percobaan, saya membuka Vimeo (situs berbagi video seperti YouTube) yang diblokir oleh Speedy (dan juga operator lainnya di Indonesia) menggunakan Opera, baik tanpa dan dengan VPN.

Cara buka Vimeo VPN


Nah, saat VPN tidak aktif, Opera menampilkan pesan bahwa koneksi ke Vimeo melalui Speedy tidaklah privat dan tidak bisa dibuka. Ketika VPN diaktifkan, barulah Vimeo bisa dibuka tanpa hambatan. Ok, selamat mencoba sob :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×