16 Agustus 2015

Simpan dan Pulihkan Chat WhatsApp dengan Google Drive [UPDATED]

Ditulis oleh pada 16.8.15
Bulan April yang lalu, Memudahkan telah membahas tentang fitur baru WhatsApp untuk Android, yaitu fitur untuk mencadangkan pesan WhatsApp dengan Google Drive. Kala itu, fitur tersebut hanya muncul pada WhatsApp versi 2.12.45, lalu kemudian hilang pada versi 2.12.50 dan versi-versi selanjutnya. Ke manakah gerangan fitur itu menghilang?

Simpan chat WhatsApp di Google Drive

Disinyalir fitur backup chat WhatsApp ke Google Drive saat itu masih bersifat eksperimental sob, masih digodok atau digoreng lebih lanjut, belum siap dilempar ke publik. Layaknya fitur voice call WhatsApp yang dulu juga timbul tenggelam, fitur terbaru WhatsApp yang melibatkan Google Drive tersebut rupanya masih dieman-eman oleh pengembangnya :D

Lain dulu lain sekarang, belum lama ini, WhatsApp terpantau sedang melakukan serangkaian uji coba untuk memastikan fitur backup Google Drive siap untuk dirilis kembali. Penasaran? Lanjut bacanya sob.

Memang penting ya bisa backup chat WhatsApp di Google Drive? Jawabannya bisa bervariasi sob, tergantung seberapa penting arti percakapan WhatsApp untuk Anda. Pastinya, fitur backup tersebut bisa mengembalikan kembali chat WhatsApp Anda yang hilang ketika ganti ponsel (karena rusak, kena begal, atau pengen model terbaru). Kok bisa begitu? Bisa dong, karena pesan Anda sudah dicadangkan secara online di Google Drive, sehingga bisa dikembalikan saat Anda login WhatsApp di ponsel yang baru.

Buat yang suka gonta-ganti ROM, suka ngoprek Android yang berakhir pada tindakan factory reset, fitur backup dan restore pesan WhatsApp ini juga sangat praktis untuk menyelamatkan berbagai percakapan penting Anda. Okelah kalau begitu, bagaimana cara backup dan restore chat WhatsApp dengan Google Drive? Simak ulasan berikut sob.

Pertama, silakan unduh dan pasang WhatsApp Android versi terbaru (2.12.235 ke atas).

Jalankan aplikasi WhatsApp kemudian tuju Menu > Settings > Chats > Chat Backup.

Chat BackupBack up to Google Drive

Di sana Anda bisa menemukan Google Drive setting, kemudian ubah Back up to Google Drive dari Never menjadi Daily (Weekly, Monthly, atau Only when I tap "Back up", sesuai selera, suka-suka).

Selanjutnya pilih akun Google Anda dan izinkan WhatsApp untuk mengaksesnya.

Back up over

Jangan lupa untuk mengubah opsi Back up over untuk menentukan jaringan (WiFi atau seluler) yang akan digunakan untuk mengunggah hasil backup Anda di Google Drive.

Nah, selesai sudah, secara otomatis chat WhatsApp Anda akan dibackup ke Google Drive setiap hari (minggu, bulan, sesuai opsi yang dipilih) pada pukul 03.00 pagi.

Lalu bagaimana cara restore chat WhatsApp dari Google Drive? Misalnya Anda baru membeli ponsel Android baru dan ingin mengembalikan lagi cadangan chat WhatsApp dari ponsel lama; maka yang perlu Anda lakukan adalah unduh dan install aplikasi WhatsApp di ponsel baru dan login menggunakan nomor hape dan akun Google yang sama dengan yang dulu digunakan di ponsel lama. Setelah itu silakan ikuti panduan yang muncul di aplikasi WhatsApp Anda. Beres dah.

Mengembalikan chat WhatsApp dari Google DriveRestored


Nah, itulah sedikit ulasan mengenai cara membackup chat WhatsApp dengan Google Drive beserta cara mengembalikannya. Penting diketahui, fitur backup Google Drive di WhatsApp saat ini masih dalam tahap uji coba, dan dirilis secara bertahap, jadi jangan kaget bila Anda belum kebagian fitur tersebut. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×