22 Juni 2016

Cara Video Call di BBM untuk Android dan iOS [BBM Video]

BlackBerry ternyata tak henti berinovasi sob. Setelah menggratiskan fitur chatting pribadi (private chat), kali ini pihak BlackBerry merilis fitur video call di BBM untuk Android dan iOS.

Fitur video call di BBM untuk Android dan iOS

Meski masih berstatus beta dan belum diluncurkan secara global, fitur yang dilabeli BBM Video tersebut kini sudah bisa dinikmati oleh pengguna BBM Android di AS dan Kanada.

Bukannya fitur tersebut sudah ada sejak dulu kala ya? Benar sob, namun terbatas untuk pengguna BBM di sistem operasi BB10 saja (seperti BB Z10, Q10, Q5, Z30, Z3, Passport, Classic, Leap, dsb.). Berhubung sekarang BlackBerry sudah punya produk berbasis Android (PRIV), maka tidak ada salahnya kalau fitur video call tersebut diperluas ketersediaanya.

Bagaimana dengan Indonesia? Sabar sob, BlackBerry berencana merilis BBM Video secara global pada bulan Juli 2016 nanti.

Lalu gimana cara daftar video call BBM Android? Tak perlu daftar, setelah dirilis secara global, semua pengguna BBM versi terbaru (Android dan iOS) langsung bisa mencicipi fitur BBM Video, tapi ada syaratnya.

Fitur video call BBM nantinya bakal bisa dilakukan pada smartphone Android 4.4 KitKat atau yang lebih baru. Untuk pengguna perangkat pintar dari Apple, dibutuhkan iOS 8 atau yang lebih tinggi agar bisa menikmati panggilan video BBM. Ok, selamat menunggu sob :)

UPDATE 22/06/2016: Setelah 15 Juni kemarin fitur BBM Video mendarat di kawasan Eropa dan Afrika, kini giliran pengguna BBM di Android dan iOS di Asia Pasifik (termasuk Indonesia) yang menikmatinya. Benar sob, sebelum rilis global Juli nanti, sekarang kita sudah bisa melakukan video call melalui BBM. Bagaimana caranya? Langsung saja simak cara video call BBM Android berikut ini (iOS caranya tak jauh beda).

  1. Download atau update aplikasi BBM versi terbaru.

  2. Buka laman chat salah satu teman (kontak) BBM kita.

    Cara video call BBM Android iOS

  3. Tekan icon 'call' kemudian pilih icon kamera.

  4. UPDATE 14/04/2017: Khusus untuk aplikasi BBM Android versi terbaru, gunakan cara di bawah ini (langkah ke-5).

  5. Seperti halnya WhatsApp, ikon panggilan video dan suara di BBM kini dipisah sob. Oleh karena itu, langsung saja ketuk ikon kamera video untuk melakukan video call di BBM. Lebih jelasnya simak screenshot berikut ini.

    BBM Video Call

  6. Tunggu sampai panggilan kita dijawab dan selamat ber-video call di BBM.


Beres dah. Iya, begitu saja sob, tapi ada syaratnya. Agar bisa melakukan panggilan BBM video, pemanggil maupun penjawab harus menggunakan Android 4.4 KitKat ke atas atau iOS 8 ke atas (bila tidak, kita akan diarahkan ke panggilan suara). Satu lagi, fitur BBM Video saat artikel ini diketik masih menyandang status beta, jadi bila ada bug atau Anda belum kebagian, silakan sabar menunggu sob, Juli nanti rencananya akan dirilis secara global.

UPDATE 25/06/2016: Lebih cepat dari yang direncanakan, BBM Video call untuk Android dan iOS kini telah dirilis secara global.


Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 22/06/2016 dan terakhir diperbarui pada 14/04/2017.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×