22 Maret 2016

Cara Main Clash Royale di Laptop atau PC tanpa Emulator [Remix OS]

Tahu Clash Royale? Nah, bener sob, game Android dan iOS paling populer saat ini (bahkan kabarnya sudah menggeser popularitas Clash of Clans, baik di Play Store maupun App Store). Tidak mengherankan sebenarnya, kepopuleran Clash Royale tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh kesuksesan Clash of Clans. Kok bisa gitu?

Main Clash Royale di Laptop atau PC tanpa Emulator

Sebagai contoh, karakter-karakter lucu sekaligus sangar yang muncul di CR tentu sudah dikenal baik oleh para pemain CoC. Bisa dikatakan bahwa keduanya menghadirkan karakter yang sama, jadi tidak perlu kenalan lagi (kecuali untuk karakter-karakter baru yang khusus dibuat untuk CR).

Lalu apa bedanya CR dengan CoC bila karakternya saja sama? Selain adanya karakter baru, CR menyajikan permainan strategi yang bersifat real-time multiplayer, jadi kita langsung berhadapan dengan pemain lain yang sedang online secara real-time sob. Lebih lanjut mengenai perbandingan CR dengan CoC bisa disimak pada link di bawah ini.


Clash Royale cuma tersedia untuk Android dan iOS ya min? Saat ini begitu sob. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan Supercell juga akan menghadirkan CR di platform lain, Windows 10 Mobile misalnya. Kalau main Clash Royale di Windows 8 atau Windows 10 bisa ga? Bisa banget sob, langsung saja unduh dan pasang emulator Android untuk Windows macam BlueStacks, Nox, MEmu, AMIDuOS, Windroye, droid4x, Andy, atau Genymotion, lalu download dan install Clash Royale APK.

Masalahnya, banyak laptop atau komputer berbasis Windows (terutama yang sudah antik) kurang begitu lancar menjalankan emulator-emulator Android tersebut. Hal itu umumnya disebabkan oleh kurangnya spek RAM atau VGA PC Windows dari spek minimum yang dibutuhkan emulator Android. Sebagai solusi, kita bisa memasang Android langsung di laptop atau PC tanpa melibatkan emulator-emulator yang sudah disinggung di atas. Bisa ya min pasang Android di laptop tanpa emulator?

Seperti yang tertera di judul, kita bisa memainkan Clash Royale di laptop atau PC tanpa emulator dengan menggunakan Remix OS. Benar sob, Remix OS bukanlah emulator, melainkan sistem operasi Android yang khusus dirancang untuk PC. Oleh karena itu, Remix OS jauh lebih ringan daripada emulator Android untuk Windows. Spesifikasi minimal PC yang dibutuhkan Remix OS juga tidak seberat emulator-emulator tadi, dan bahkan bisa berjalan lancar pada laptop antik saya (Acer Aspire 4720Z - Intel Pentium Dual Core 1,86 GHz, RAM 2GB, Intel 965 Graphics Media Accelerator).

Bagaimana cara install Remix OS for PC min? Setidaknya ada 2 cara memasang Remix OS di laptop atau PC.

  1. Diinstall di flashdisk USB dan dijalankan secara live.
  2. Dipasang langsung di harddisk (dual-boot dengan Windows).

Silakan buka link-link di atas untuk membaca tutorial lengkap memasang Remix OS Android di komputer Anda.

Setelah Remix OS berhasil terpasang, jangan lupa untuk memasang aplikasi Google Play Store. Selanjutnya, unduh dan pasang game Clash Royale dari Play Store layaknya mengunduh dan memasang game Android pada umumnya.

Google Play Store Remix OS


Saat pertama kali dibuka, Clash Royale akan berjalan pada mode 'fullscreen' di Remix OS. Wah, ngeblank min, hitam semua tampilannya. Untuk mengatasinya, segera klik tombol 'restore down' untuk mengubahnya ke mode 'windowed', kemudian tutup dan buka kembali Clash Royale-nya.

Clash Royale di Remix OS


Nah, sekarang Anda bisa bermain game Clash Royale di komputer, laptop, PC atau apapun sebutannya, tanpa perlu emulator Android sama sekali. Selamat bermain :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×