20 Oktober 2015

Mengaktifkan Fitur Multi-Window pada Android 6.0 Marshmallow

Dari sekian banyak fitur yang dipunyai Android, multi-window adalah salah satu fitur yang paling ditunggu dan diharapkan oleh para penggunanya. Untuk pengguna Android bikinan Samsung atau LG, fitur yang juga disebut dual window atau splitview itu tentunya bukan lagi hal baru, karena kedua vendor tersebut memang sudah menyediakan fitur multi-window di Android sejak lama.

Fitur Multi-Window pada Android 6.0 Marshmallow

Dimulai dari Android 6.0 Marshmallow, Google rupanya sedang mempersiapkan fitur multi-window untuk perangkat Nexus dan turunannya (Android One). "Sedang mempersiapkan," berarti belum jadi ya? Benar sob, seperti halnya System UI Tuner, fitur multi-window di Android Marshmallow sifatnya masih uji coba atau eksperimental.

Jika System UI Tuner masih bersifat eksperimental, fitur multi-window di Android Marshmallow bisa dikatakan masih sangat eksperimental (masih dalam tahap awal uji coba). Oleh karena itu, fitur tersebut saat ini masih disembunyikan rapat-rapat di lubuk Android yang paling dalam :D

Kendati demikian, sedalam apapun multi-window Android 6.0 disembunyikan, pasti ada cara untuk menemukannya, bagaimana caranya? Ikuti cara mengaktifkan fitur multi-window di Android Marshmallow berikut ini.

Siapkan alat dan bahannya:


Selanjutnya ikuti langkah-langkah mudah ini:

1. Aktifkan fitur Root Explorer pada ES File Explorer (bila belum) lalu cari file build.prop di folder system. (Saran: sebelum diedit, buat salinan file build.prop dan simpan di tempat yang aman sebagai backup).

Root Explorer


2. Buka file build.prop dengan ES Notes Editor kemudian tambahkan sebaris kode berikut.

persist.sys.debug.multi_window=true

ES Notes Editor


3. Simpan file tersebut dan reboot perangkat Android Anda.

4. Buka recent app lalu ketuk ikon multi-window pada salah satu aplikasi yang ada di situ. Tentukan posisi window yang Anda inginkan (atas misalnya), maka aplikasi yang Anda pilih akan menempati posisi atas layar, disusul aplikasi lain yang muncul di bawahnya.

ikon multi-window


5. Nah, sekarang Anda bisa mencoba bagaimana rasanya multi-window di Android.

Multi-Window pada Android Marshmallow


Meski belum sempurna, setidaknya kita bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai fitur multi-window garapan tim pengembang dari Google sob, yang mungkin akan diungkap pada versi Android selanjutnya (Android 6.1 atau malah Android N). UPDATE 11/11/2016: Fitur multi window kini sudah menjadi salah satu fitur default di Android 7.0 Nougat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×