01 November 2014

Fitur Multi Window Android Samsung dengan Xposed [ROOT]

Umumnya, kita hanya bisa menjalankan sebuah aplikasi Android dalam satu waktu. Aplikasi tersebut akan tampil memenuhi layar ponsel atau tablet Android Anda. Untuk berpindah ke aplikasi lainnya, kita biasa menekan tombol recent app lalu memilih aplikasi yang diinginkan.

Di beberapa perangkat Android keluaran Samsung (Galaxy Note 3, Galaxy S5, dsb.) terdapat fitur multi window yang memungkinkan kita menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar, sehingga kita bisa berinteraksi dengan dua aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Bagaimana dengan perangkat Android merk lain? Bagaimana cara memasang fitur multi window punya Samsung tersebut pada perangkat Android lain?

Fitur Multi Windows Android ala Samsung

Sebelumnya, Memudahkan pernah membahas tentang aplikasi yang bernama Multitasking. Aplikasi tersebut terdiri dari berbagai aplikasi (seperti browser, pemutar video, dsb.) yang bisa berjalan dalam sebuah jendela atau window. Sayangnya, hanya aplikasi bawaan Multitasking yang bisa dijalankan secara multi window, jadi kita tidak bisa menggunakan Multitasking untuk aplikasi-aplikasi lainnya (aplikasi yang sudah terinstall sebelumnya).

Aplikasi Multitasking memang belum bisa menghadirkan fitur multi window layaknya fitur multi windows Samsung. Pertanyaan kembali terulang; bagaimana cara mendapatkan fitur multi window Samsung untuk Android non-Samsung? Ikuti cara mudah pasang multi window Android  ala Samsung dengan 3 aplikasi berikut ini.

Sebelumnya, pastikan ponsel atau tablet Anda berjalan dengan Android Ice Cream Sandwich 4.0 ke atas dan sudah memiliki akses ROOT.


Xposed Framework

  1. Install Xposed Framework
  2. Jalankan Xposed Framework, tuju bagian Download, lalu cari module XHaloFloatingWindow
  3. Download dan install module tersebut, jangan dijalankan terlebih dahulu
  4. Masih di Xposed, tuju bagian Modules, lalu centang XHaloFloatingWindow untuk mengaktifkannya.
  5. Selanjutnya, reboot Android Anda.


XHaloFloatingWindow

  1. Jalankan XHaloFloatingWindow
  2. Tuju dan hidupkan Movable & Resizable
  3. Di bagian Moving Settings, matikan Allow ActionBar To Move
  4. Di bagian Resizing Settings, hidupkan Snap-in Windows, hidupkan juga Split Bar


MultiWindowSidebar

  1. Install lalu jalankan MultiWindowSidebar (tap tombol play di sisi kanan atas layar)
  2. Pilih aplikasi yang akan muncul di sidebar pada bagian Select Apps
  3. Di bagian Drag Launch Mode, pilih XHaloFloatingWindow (Portrait)


Selanjutnya, di bagian kiri layar, Anda bisa menemukan MultiWindowSidebar, tap untuk memunculkan deretan aplikasi yang tadi sudah Anda pilih.

Bila Anda menggunakan ponsel atau tablet dengan orientasi landscape, tap dan tahan aplikasi yang Anda inginkan, lalu seret ke bagian kiri layar, pilih aplikasi lainnya, lalu seret ke bagian kanan layar. Kurang lebih tampilannya akan seperti ini.

multi windows android landscape

Tap bulatan biru untuk memunculkan menu multi window, tap, tahan, dan seret untuk mengubah ukuran aplikasi sesuai keinginan Anda.

multi windows android resize


Untuk portrait, seret aplikasi ke atas dan/atau bawah layar, hasilnya kurang lebih seperti ini.

multi windows android portrait



Nah, kini Android Anda sudah memiliki fitur multi window ala Samsung. Sebagai catatan, tidak semua aplikasi bisa berjalan secara multi window, ada beberapa yang tetap tampil fullscreen saat diseret ke kanan kiri/atas bawah layar. Lalu aplikasi apa saja yang bisa berjalan dengan baik untuk keperluan multi window? Dari screenshot di atas, aplikasi KBBI dan Kaskus (juga Calculator serta ColorNote) bisa tampil secara multi window dengan baik, untuk aplikasi lainnya, silakan dicoba sendiri :)

Tambahan: Pada Android 4.4 KitKat, fitur multi window dari XHaloFloatingWindow mungkin tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, silakan install module bernama Fix Visibility Of Multiple Non Fullscreen Activities, selengkapnya bisa dibaca di XDA.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×