07 September 2015

Widget Jam Samsung Galaxy S6 untuk Semua Perangkat Android [2.3+]

Apa itu widget Android? Saya yakin Sobat Memudahkan sudah pada paham mengenai hal itu; bila belum, widget Android adalah versi alternatif dari suatu aplikasi Android yang bisa dipasang di homescreen. Widget memiliki beragam fungsi dan tampilan yang mewaklili aplikasi induknya. Lebih lanjut, widget terdiri dari beberapa ukuran yang dapat diatur sesuai panjang dan lebar homescreen.

Widget Jam dan Cuaca Samsung Galaxy S6

Salah satu contoh widget adalah jam dari aplikasi Google Clock. Anda bisa menambahkan jam analog atau digital dari aplikasi tersebut dengan menekan lama homescreen > Widget > cari Analog clock atau Digital clock > pilih dengan menekan lama salah satu widget tersebut dan posisikan pada ruang kosong yang tersedia di homescreen, beres.

Bila Anda merasa tampilan Google Clock sudah terlalu mainstream, masih banyak widget jam Android lain yang bisa Anda pasang di ponsel Anda, seperti Minimalist Clock, Retro Clock, Transparant Clock, dan sebagainya; banyak sob di Play Store, tapi bukan itu yang akan kita bahas kali ini.

Seperti yang terketik di judul, kali ini kita akan membahas cara install widget jam Samsung Galaxy S6 pada semua ponsel atau tablet yang berjalan dengan Android 2.3 Gingerbread atau yang lebih baru. Kenapa Galaxy S6? Pertama, widget jam pada Galaxy S6 (termasuk saudaranya seperti Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5) memiliki tampilan yang menarik, dilengkapi dengan efek ala long shadow yang memukau. Kedua, Galaxy S6 adalah salah satu ponsel flagship Samsung untuk tahun 2015 ini, tahu kan harga ponsel flagship? :D. Nah, bila Anda suka dengan widget tersebut namun belum berniat beli ponsel baru dalam waktu dekat, silakan simak tips berikut ini.

Jalankan aplikasi Play Store lalu pasang aplikasi XWidget.

Buka XWidget, cari dan download Galaxy S6 Clock Widget di tab Online (terdapat beberapa varian, pilih yang Anda suka). Untuk memudahkan mencari, urutkan daftar widget berdasarkan jumlah download.

XWidgetXWidget tab online


Setelah widget berhasil diunduh, tekan tahan homescreen > Widget > cari XWidget dengan ukuran 4x2. Seret widget tersebut ke homescreen > pilih Galaxy S6 Clock Widget. Beres sudah sob.

Tambah widget AndroidPilih widget


Penampakannya bisa dilihat pada gambar pertama dalam artikel ini atau screenshot berikut (klik untuk zoom).

Galaxy S6 Clock Widget

Dari kiri ke kanan, Galaxy S6 Clock Widget, Galaxy S6 Widget Original, dan Galaxy S6 Widget v4. Silakan dicari sendiri melalui tab online XWidget. Widget-widget tersebut bisa dikustomisasi sesuai selera sob, mulai dari format jam (24/12) sampai pengaturan lokasi (khusus widget yang memiliki fitur weather).

Secara default, widget jam dan cuaca ala Galaxy S6 di atas akan memunculkan menu bila diketuk. Bila Anda ingin mengganti menu tadi dengan aplikasi favorit Anda (alarm misalnya), bisa dilakukan dengan mengetuk widget > Setting and About > Click Event > Open an App > lalu pilih aplikasi yang akan muncul ketika widget diketuk. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×