31 Agustus 2015

Mengendalikan Android dari Layar PC dengan Vysor

Pada April tahun lalu, Memudahkan pernah membahas cara mengendalikan PC jarak jauh melalui layar Android. Kebalikannya, kali ini Memudahkan akan membahas cara mengendalikan Android dari layar PC.

Mengendalikan Android dari Layar PC dengan Vysor

Umumnya Android memang dikendalikan dari jarak dekat sob, pakai jari, usap-usap, ketuk sana dan juga sini. Sedikit lebih jauh, Android bisa pula dioperasikan menggunakan mouse dan keyboard (tanpa PC), seperti yang kita bahas beberapa hari yang lalu. Lebih jauh lagi, layar Android ternyata juga bisa ditampilkan langsung di layar PC atau laptop, lalu dikendalikan pakai mouse dan keyboardnya, seperti yang tampak pada video ini.


Iya, dengan perntara aplikasi bernama Vysor, kita bisa dengan mudah mengendalikan perangkat Android dari layar komputer, tanpa harus root terlebih dahulu. Untuk menggunakan Vysor, kita cukup menyiapkan peranti Android, kabel data, PC/laptop (lengkap dengan driver ADB), dan aplikasi Vysor untuk Google Chrome.

Saat semua sudah tersedia, langsung saja hubungkan Android ke PC dengan kabel data lalu jalankan aplikasi Vysor. Tak perlu menunggu lama, aplikasi Vysor akan menampilkan layar peranti Android Anda di layar PC. Beres sudah :D

Terlalu cepat? Mari kita bahas lagi pelan-pelan sob. Sebelum menghubungkan peranti Android ke PC, kita harus mengaktifkan USB debugging  dan memasang driver ADB. Bagaimana caranya? Simak langkah mudah berikut ini.

Mengaktifkan USB debuging di Android

  1. Masuk ke Setting > About Phone.
  2. Kemudian ketuk Built number beberapa kali sampai muncul popup You are now developer!
  3. Masih di Setting, masuk ke Developer options dan aktifkan USB debugging.

Pasang driver ADB di Komputer Windows

  1. Unduh dan install driver ADB
  2. Restart komputer bila perlu.

Download aplikasi Vysor untuk Chrome

  1. Pastikan Anda menggunakan browser Google Chrome.
  2. Download dan pasang aplikasi Vysor dari Chrome Webstore.

Mengendalikan Android dari Layar PC dengan Vysor

  1. Kita sampai pada langkah paling asyik sob, langkah di mana kita bisa main Android di layar PC yang lebih luas. Ok, langsung saja hubungkan Android ke komputer dengan kabel data.
  2. Buka Start menu Windows, cari dan buka shortcut Start ADB server.
  3. Jalankan aplikasi Vysor melalui Chrome App Launcher. Klik Find Devices.
  4. Pilih peranti Android Anda (klik Select).
  5. Cek peranti Android Anda dan pilih OK pada popup Allow USB debugging, simak screenshot di bawah (kiri).
  6. Sesaat kemudian, layar Android Anda akan tampil di layar PC. Selanjutnya terserah Anda :D
  7. Sekarang Android Anda sudah bisa dikendalikan menggunakan keyboard dan mouse yang tersambung di PC, shortcut-nya bisa dilihat pada screenshot berikut (kanan).

Allow USB debugging


Perlu diingat bahwa saat ini aplikasi Vysor masih dalam tahap pengembangan (beta), jadi kemungkinan masih mengandung bug. Performanya pun terbilang belum maksimal sob, framerate-nya kurang, belum bisa buat main game seperti yang tampak di video. Meski begitu, untuk penggunaan biasa seperti main Instagram atau WhatsApp, performa Vysor sudah cukup mumpuni. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×