18 Agustus 2015

Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10

Ditulis oleh pada 18.8.15
Ke mana perginya Windows Photo Viewer pada Windows 10? Pertanyaan itulah yang mungkin terlintas di benak Anda saat membuka file foto atau gambar di Windows 10. Iya, Windows 10 kini menggunakan aplikasi Photos versi anyar sebagai aplikasi penampil foto atau gambar default. Meski demikian, aplikasi Windows Photo Viewer ternyata masih ada sob, tidak dihapus dari Windows versi terbaru tersebut.

Pasang Windows Photo Viewer di Windows 10

Masalahnya, Windows Photo Viewer hanya tersedia bagi pengguna yang melakukan upgrade Windows 10 dari Windows 7 atau Windows 8.1, sehingga untuk Anda yang melakukan fresh install Windows 10, hampir bisa dipastikan tidak akan mendapatkan Windows Photo Viewer.


Tenang sob, tak perlu resah apalagi gelisah. Anda bisa memasang dan menggunakan kembali Windows Photo Viewer di Windows 10. Seperti yang sudah disinggung pada paragraf pertama, Windows Photo Viewer (WPV) memang tidak dihilangkan dari Windows 10 (hanya disembunyikan), namun butuh sedikit usaha untuk bisa digunakan kembali. Usaha apa yang perlu dilakukan untuk memunculkan kembali Windows Photo Viewer di Windows 10? Simak langkah-langkah mudah berikut ini.

  1. Unduh file zip ini, ekstrak menjadi file WPV.reg, kemudian klik ganda file tersebut. Klik Yes saat pesan ini muncul, selanjutnya klik OK pada pesan selanjutnya.

    Registry Editor

    Successfully added

  2. Klik kanan salah satu foto atau gambar yang ada di harddisk Anda (dalam kasus ini saya memilih foto kucing berformat png) > Open with > Choose another app.

    Choose another app

  3. Klik More apps untuk memunculkan lebih banyak aplikasi lalu cari dan pilih "Windows Photo Viewer".

    More appsOpen this file

  4. Beres sudah sob. Inilah penampakan Windows Photo Viewer di Windows 10.

    Windows Photo Viewer
    Windows Photo Viewer

  5. Sebagai tambahan, bila Anda ingin menjadikan Windows Photo Viewer sebagai penampil foto default, jangan lupa untuk mencentang "Always use this app to open .png files" sebelum memilih "Windows Photo Viewer". Ulangi langkah tersebut untuk file gambar atau foto lainnya (seperti jpg, gif, bmp, dsb.).

UPDATE 29/06/2019: Seiring beragam update yang digulirkan ke Windows 10, cara menjadikan Windows Photo Viewer sebagai penampil foto default (yang dijelaskan pada langkah 5) di atas kini sudah tidak efektif lagi, sob. Sebagai solusi, silakan ikuti beberapa langkah mudah berikut ini.


Cara Agar File Foto Selalu Dibuka dengan Windows Photo Viewer


  1. Pastikan Anda sudah menjalankan langkah 1 sampai 4 pada tutorial di atas.

  2. Agar Windows Photo Viewer bisa dipilih menjadi default apps di Windows 10, kita memerlukan software FileTypesMan. Silakan unduh dan jalankan software tersebut (tidak perlu di-install karena portable).

  3. Selanjutnya kita cari salah satu ekstensi file foto, dalam hal ini saya mencari .jpg.

    FileTypesMan

  4. Klik kanan ekstensi tersebut dan pilih "Replace File Type For Selected Extension".

    Replace File Type For Selected Extension

  5. Di jendela berikutnya kita cari "PhotoViewer.FileAssoc.Tiff" (ketik saja "PHO" untuk memudahkan pencarian) lalu klik "OK". Sampai di sini FileTypesMan boleh ditutup.

    PhotoViewer.FileAssoc.Tiff

  6. Klik start menu dan cari dan jalankan "Defaut apps". Klik aplikasi yang berada di bawah Photo viewer, dalam hal ini adalah aplikasi "Photos".

    Defaut apps

  7. Lalu pilih "Windows Photo Viewer" diantara daftar aplikasi yang muncul. Beres sudah.

    Pilih Windows Photo Viewer

Pada dasarnya, kita menggunakan FileTypeMan agar opsi "Windows Photo Viewer" muncul di deretan aplikasi penampil foto default. Oleh karena itu, kita tidak perlu mengulang langkah c di atas untuk ekstensi file foto atau gambar yang lain. Begitu "Windows PhotoViewer" sudah dipilih sebagai default Photo viewer (langkah g), maka semua jenis file foto yang umum digunakan akan selalu dibuka dengan software penampil foto lawas tersebut. Semisal ada file foto yang belum terasosiasi dengan WPV, silakan coba langkah 5 di atas. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×