25 Agustus 2015

Download Cortana untuk Android - Aplikasi Alternatif Google Now

Sudah pada kenal Cortana kan? Bila belum, Cortana adalah aplikasi asisten digital pintar buatan Microsoft (mirip Google Now atau Siri). Cortana bukannya karakter AI di game Halo? Benar sekali sob, nama Cortana memang diambil dari karakter game besutan Microsoft tersebut. Bahkan pengisi suara Cortana versi game (Jen Taylor) juga mengisi suara untuk aplikasi Cortana (khusus untuk regional AS saja).

Cortana untuk Android

Pada awalnya, aplikasi Cortana hanya tersedia untuk Windows Phone dan Windows 10, namun pada bulan Mei yang lalu, Microsoft mengumumkan bahwa Cortana juga akan dirilis untuk Android dan iOS. Memang bukan berita gembira untuk pengguna Windows Phone (karena Cortana tidak eksklusif lagi), namun di sisi lain, keputusan Microsoft untuk menjadikan aplikasi Cortana cross platform tentu sudah dipertimbangkan dengan matang (seperti halnya keputusan BlackBerry untuk memperluas jangkauan aplikasi BBM ke Android dan iOS).

Setelah beberapa waktu yang lalu APK dari Cortana sempat bocor, hari ini Microsoft secara resmi merilis aplikasi Cortana untuk Android di Google Play Store. Sayangnya, karena masih berstatus beta, saat ini Cortana hanya bisa diunduh oleh pengguna Android di Amerika Serikat saja sob. Menurut keterangan dari blog resmi Windows, rencananya Cortana akan dirilis juga di negara lainnya (termasuk Indonesia).

Apa sih gunanya Cortana? Bisa dibilang aplikasi Cortana memiliki fungsi dasar yang sebelas duabelas dengan aplikasi asisten virtual lainnya, seperti Google Now atau Siri. Dikutip dari laman aplikasi Cortana di Google Play Store, Cortana untuk Android memiliki fitur-fitur berikut ini.

  • Cortana bisa dipanggil dengan menggunakan suara atau dengan mengetik langsung kata-kata kunci tertentu, setelah itu ia akan menyajikan hasil pencarian web atau membantu Anda menyelesaikan tugas tertentu.
  • Cortana akan mencari jawaban atas pertanyaan Anda melalui Bing, yang meliputi hasil pertandingan olahraga terkini, jadwal pemutaran film, restoran terdekat, fakta serta referensi, dsb.
  • Cortana bisa membantu Anda membuat reminder dengan cepat, berdasarkan waktu tertentu atau ketika Anda meninggalkan/sampai di suatu tempat.
  • Mengatur alarm.
  • Mencari dan menelepon kontak Anda dengan perintah suara.
  • Voice texting: mendikte Cortana untuk menulis SMS dengan perintah suara.

Hanya itukah yang bisa dilakukan Cortana? Seiring berjalannya waktu, aplikasi Cortana diharapkan akan semakin memahami penggunanya sob, mempelajari kebiasaan, keinginan, dan minat Anda, sehingga fitur-fiturnya akan semakin relevan dan bertambah sesuai kebutuhan Anda.

Download Cortana for Android [FINAL] - kompatibel dengan Android 4.0 ke atas.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×