30 Agustus 2015

Ketuk Dua Kali untuk Mengunci dan Mematikan Layar Android

Pada umumnya, kita mengunci dan mematikan layar perangkat Android dengan menekan tombol power, atau membiarkannya sampai otomatis terkunci dan mati sendiri. Tidak ada yang salah sob, memang caranya seperti itu.

Ketuk Dua Kali untuk Mengunci dan Mematikan Layar Android

Bila Anda mengikuti artikel-artikel di Memudahkan, kemungkinan besar Anda pernah membaca artikel yang berkaitan dengan tombol power Android. Misalnya artikel tentang cara meminimalisir penggunaan tombol fisik Android (agar lebih awet).

Iya, pada artikel tersebut disinggung mengenai menurunnya fungsi tombol fisik (power, home, dsb) Android seiring dengan seringnya tombol tersebut digunakan. Nah, Anda tak mau kan tiba-tiba tombol power di perangkat Android Anda rusak sebelum waktunya?

Tenang sob, mematikan dan mengunci layar Android ternyata tidak selalu harus menekan tombol power, banyak cara yang bisa dilakukan selain dengan tombol tersebut. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Gravity Screen. Iya, dengan aplikasi tersebut, layar perangkat Android kita akan otomatis mengunci dan mati saat diletakkan di atas meja atau permukaan yang datar, namun bukan itu yang akan kita bahas kali ini.

Adalah Double Click Lock, sebuah aplikasi Android berupa widget yang bila diketuk dua kali bisa mengunci dan mematikan layar ponsel atau tablet Android. Untuk Anda yang memiliki ponsel Android high-end terbaru, fitur menghidupkan dan mematikan layar dengan mengetuk layar dua kali memang sudah tersedia dan tak perlu lagi pasang aplikasi tambahan, sedangkan untuk pengguna Android jadul (seperti saya), aplikasi tadi bisa digunakan untuk menyelamatkan tombol power dari kerusakan dini :D

Tak perlu khawatir boros baterai sob, meski selalu aktif, aplikasi Double Click Lock bukanlah aplikasi yang rakus baterai, melainkan hanya widget ringan yang bila diketuk dua kali bisa mengunci dan mematikan layar Android. Sayangnya, aplikasi tersebut belum memiliki fitur untuk membuka kunci dan menghidupkan layar Android (karena fitur tersebut sangat tergantung kernel dan hardware sob). Tampilannya pun tidak akan merusak pemandangan homescreen Anda, karena memang tidak terlihat alias transparan (tersedia pula yang berwarna hitam samar-samar buat Anda yang sering lupa letaknya). Simak video berikut.


Kenapa harus ketuk dua kali, sekali kan lebih cepat dan praktis? Tentunya Anda sering beralih dari satu laman ke laman lain di homescreen. Kalau hanya sekali ketuk, kemungkinan mengunci layar secara tak sengaja tentu lebih besar sob, karena widget akan menerjemahkan usapan jari Anda ke layar sebagai satu ketukan. Nah, dengan dua kali ketuk, ketidaksengajaan dalam mengunci layar Android bisa dihindari.

Ok, buat Anda yang peduli dengan kelestarian tombol power dan tombol fisik lainnya di Android, gunakan saja aplikasi atau widget Double Click Lock yang bisa diunduh dan digunakan gratis dari Play Store. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×