03 April 2019

5 Cara Mengambil Screenshot di Android TV Box dan Smart TV

Ditulis oleh pada 3.4.19

Bila Anda berpikir bahwa mengambil screenshot di Android TV itu ribet, harus pakai laptop/PC, lewat ADB Debugging segala, harus paham command cmd/terminal, dll. segera lanjut baca artikel ini sampai paragraf terakhir sob, dan Anda akan tahu betapa mudahnya menangkap foto layar di Android TV.

Cara Screenshot Android TV box

Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara screenshot di smart TV berbasis Android, dalam hal ini disebut Android TV. Selain itu, tips ini juga bisa diterapkan pada Android TV box yang banyak beredar di pasaran saat ini.

Ok, kita mulai dari cara paling susah terlebih dahulu. Kenapa begitu? Karena berakit-rakit kita ke hulu, berenang-renang kita ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian 😋

1. Pakai Gamepad atau Joystick

Lah, ini mau main game atau buat screenshot? Dua-duanya pun bisa, sob. Misalnya saja Anda adalah seorang gamer yang sering main game di Android TV. Untuk mengabadikan momen-momen keren ketika main game, langsung tekan tombol select dua kali, dan screenshot akan tersimpan otomatis di memori/gallery. Bagaimana caranya?

Button mapper Dobe

Cukup pasang aplikasi Button Mapper. Iya, melalui aplikasi tersebut, kita bisa mengatur tombol apapun untuk mengambil screenshot di TV Android. Tidak hanya tekan dua kali, tekan tahan juga bisa sob, yang penting fungsi utama tombol tersebut tidak bentrok dengan fungsi yang hendak kita atur.

2. Menggunakan Keyboard

Saya yakin Sobat Memudahkan sudah mengetahui bahwa secara umum, keyboard selalu dilengkapi dengan tombol PrtSc atau "Print Screen". Nah, tombol tersebut ternyata juga berfungsi untuk mengambil screenshot di Android TV.

Tombol Print Screen Keyboard

Apakah wajib menggunakan keyboard khusus smart TV atau Android? Tidak harus, sob. Keyboard yang biasa digunakan di PC pun jadi, baik yang pakai kabel maupun tidak (wireless). Tinggal colok saja kabel usb keyboard (atau receiver USB) ke port USB Android TV Anda, tekan tombol PrtSc, dan voila, screenshot berhasil diambil.

3. Lewat Tombol Screenshot Bawaan TV Box

Penting diperhatikan, tidak semua Android TV maupun TV box memiliki fitur ini. Umumnya, tombol screenshot bisa ditemukan pada TV box dengan sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa oleh pengembangnya.

Menu Screenshot di NVIDIA Shield TV Android Oreo

Nvidia Shield TV misalnya, kita bisa tekan tahan tombol Home di remote → pilih "Screenshot" untuk mengambil foto tangkapan layar. Khusus untuk Shield yang telah update ke Android Oreo, silakan masuk dulu ke Settings → System → NVIDIA Share → "On (Hold Home button to access)" untuk mengaktifkan tombol "Screenshot" tersebut.

Screenshot MXq 4K Android TV Box Lollipop

Di samping itu, ada pula developer TV box Android yang menaruh tombol screenshot di bar navigasi. Contohnya seperti yang terdapat di MXq 4K. Bila tombol tersebut belum muncul, silakan masuk ke Settings → ScreenshotSetting → Show the screenshot button in the status bar.

tombol screenshot android tv

Khusus Mi Box atau Mi TV (dan mungkin beberapa smart TV atau Android TV box lainnya dengan Android 9 ke atas), menekan lama tombol power di remote akan memunculkan pilihan untuk mengambil screenshot.

4. Pasang Aplikasi Mi Remote Controller 

Seperti judulnya, cara ini hanya bisa diterapkan pada Xiaomi Mi TV. Kan aplikasi Mi Remote bisa buat banyak device, tidak terbatas pada Xiaomi? Benar sob, tapi khusus untuk tombol screenshot, kemungkinan besar hanya akan muncul ketika kita menghubungkan aplikasi Mi Remote dengan produk smart TV dari Xiaomi tersebut.

Cara screenshot Mi TV 4A 32 dan Mi TV 4A 43

Seperti yang terlihat pada screenshot di atas, kita bisa melakukan screenshot di Mi TV dengan menekan tombol screenshot yang ada di aplikasi Mi Remote. Uniknya, alih-alih tersimpan di memori internal TV, screenshot yang kita ambil dengan Mi Remote akan disimpan langsung ke gallery ponsel, jadi tak perlu repot transfer file dari TV ke ponsel, sob.

5. Pakai Remote Bawaan Android TV Box

Cara terakhir ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Layaknya di ponsel Android, screenshot di Android TV juga bisa diambil dengan cara menekan tahan tombol power dan volume down di remote bawaannya. Perhatikan: tombol yang di remote ya sob, bukan di body TV 😆

Remote Xiaomi Mi Box 3 untuk screenshot

Meskipun mudah, sayangnya tidak semua Android TV Box atau pun smart TV berbasis Android memiliki fitur tersebut. Menurut keterangan beberapa teman pengguna Mi TV 4A, paduan tombol power dan volume turun ternyata tidak berfungsi. Saya sendiri mencoba paduan tombol tersebut di Xiaomi Mi Box 3 berbasis Android TV Oreo 8.0 dan berhasil, sob.

Simpulan sementara, kombinasi tombol power dan volume down untuk screenshot kemungkinan hanya berfungsi pada perangkat berbasis Android TV murni atau mendekati (seperti Mi Box 3, Mi Box S, atau Nvidia Shield TV), bukan Android TV yang sudah dimodifikasi seperti yang ada di produk televisi pintar Xiaomi atau semacamnya, CMIIW.

Buka dan Transfer Screenshot dari Android TV ke Ponsel atau PC

Lalu bagaimana cara melihat hasil screenshot di Android TV? Mudah saja sob, buka aplikasi file manager favorit Anda (ES, FX, atau Solid Explorer). Selanjutnya tuju Main storage (biasanya di /storage/emulated/0) → Pictures → Screenshots.

Dari situ kita bisa pula melakukan transfer file screenshot ke flashdisk atau cloud storage (macam Google Drive atau Dropbox), untuk kemudian dibuka di ponsel atau laptop/PC. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×