15 Februari 2015

Mengirim Aplikasi Android dalam Bentuk APK Melalui Bluetooth

Berbagi itu indah sob, termasuk berbagi aplikasi Android kepada teman-teman kita yang membutuhkan (baca: pengen). Untuk membagikan aplikasi Android, kita biasanya akan mengirimkan link downloadnya, entah itu dari Play Store, atau website download lainnya.

Nah, masalah kemudian muncul saat teman Anda meminta file APK dari aplikasi yang terinstall di ponsel Anda. Padahal aplikasi tersebut Anda peroleh langsung dari Play Store (jadi dalam kasus ini Anda tak punya file APK-nya).

Lalu bagaimana cara mengirim APK dari aplikasi yang sudah terinstall di ponsel Android Anda?


Cara Kirim APK ke Android Lain via Bluetooth dkk


Gampang sob, tinggal install atau jalankan aplikasi ES File Explorer. Buka Fast Access (tap menu hamburger warna biru bila belum muncul). Pilih Library, tuju bagian APP (tunggu beberapa saat sampai ES Explorer menampilkan daftar aplikasi yang terpasang di Android Anda),

ES File Explorer


Tekan dan tahan aplikasi Android yang akan dibagikan ke teman Anda.

ES File Explorer share APK


Tap tombol Share, lalu pilih share via Bluetooth, email, atau melalui aplikasi chat yang memiliki fasilitas kirim file (BBM misalnya). Beres.

Kirim APK


Iya, bila kita melakukan share aplikasi menggunakan ES Explorer, yang dikirim bukanlah link downloadnya, melainkan file APK dari aplikasi yang bersangkutan. Hal tersebut tentunya akan memudahkan teman Anda dalam mendapatkan file APK tanpa harus mengunduhnya secara langsung dari Google Play Store.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa saling berkirim aplikasi Android dengan aplikasi ShareCloud. Seperti namanya, ShareCloud merupakan aplikasi khusus yang dibuat untuk berbagi aplikasi Android (tidak hanya APK, Anda juga bisa pilih link downloadnya saja).


Kirim file APK Sebenarnya Tidak Disarankan


FYI: mengirim file APK untuk digunakan di perangkat Android lain sebenarnya tidak disarankan. Kenapa? Masalah klasik sob, kompatibilitas. Pengembang aplikasi Android pada umumnya hanya memiliki satu versi APK untuk satu aplikasi, namun untuk tujuan tertentu, ada juga yang membuat beberapa versi APK untuk sebuah aplikasi. Sebabnya ya itu tadi, kompatibiltas (tahu sendiri kan kalau Android memiliki banyak versi dan juga hardware?).

Misalnya saja aplikasi YouTube, setidaknya ada dua versi APK untuk aplikasi pemutar video online tersebut. Versi pertama khusus untuk perangkat Android dengan prosesor berarsitektur ARM, dan versi kedua untuk perangkat Android dengan prosesor besutan Intel (X86). Contoh lagi aplikasi Facebook, yang kini terbagi menjadi sekitar 3 versi APK (versi API9 untuk Gingerbread+, API14 untuk ICS+, dan API21 untuk Lollipop+).

Nah, oleh karena itulah, berbagi file APK seringkali menimbulkan masalah (tidak terpasang, error, terpasang tapi ngelag parah), terutama bila Anda mencoba memasang APK dari perangkat Android ARM (Redmi misalnya) pada perangkat Android X86 (Zenfone misalnya). Meski begitu, ada juga aplikasi ARM yang bisa berjalan di X86 dan sebaliknya (banyak malah), tapi tentu saja kurang baik performanya.


Boleh Berbagi APK Asal Paham Jenis dan Variannya


Jadi untuk Anda yang gemar berbagi aplikasi (karena berbagi memang indah), lihat terlebih dahulu arsitektur Android Anda (apakah ARM atau X86?), lihat juga versi Android Anda (Gingerbread atau Lollipop?). Lihat juga perangkat Android target berbagi Anda, apakah sudah cocok? Bila sudah, langsung tembak saja :D

Terlalu rumit harus pilah-pilih APK yang cocok? Cara yang paling aman dan nyaman ya langsung download aplikasi Android dari Google Play Store saja sob (kecuali untuk APK yang tidak tersedia di Play Store. Selamat mencoba 😉

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×