23 Oktober 2013

10 Aplikasi Video Player Terbaik untuk Android Anda

Perangkat dengan sistem operasi Android kini semakin berkembang, baik secara lahir (hardware) maupun batinnya (software). Lebih lanjut mengenai hardware, bila dulu semakin kecil perangkat mobile dinilai semakin keren, kini yang berukuran besarlah yang sering dianggap lebih beken. Sebut saja Android seri Note dari Samsung, yang seri terbarunya telah membawa layar berukuran mulai dari 5,7 inci sampai 10,1 inci. Semakin besarnya ukuran layar perangkat Android tentunya akan berbanding lurus dengan kenyamanan penggunanya dalam mengoperasikan perangkat tersebut (menonton video misalnya).

Aplikasi Video Player Terbaik untuk Android

Saat menonton video, Anda mungkin akan menggunakan aplikasi pemutar video bawaan pabrikan perangkat Android Anda. Kadangkala, pemutar video tersebut sudah cukup untuk memutar video-video kesayangan Anda. Namun, masalah kemudian timbul saat Anda mencoba memutar video dengan format yang kebetulan tidak didukung oleh pemutar video tersebut. Lalu biasanya Anda akan mencari aplikasi pemutar video atau video player alternatif yang banyak beredar di Google Play Store.

Dari sekian banyak pilihan aplikasi video player yang tersaji di Google Play Store, untuk memudahkan Anda, kami telah memilih 10 aplikasi video player keren yang bisa Anda jadikan alternatif bila aplikasi pemutar video Anda ngadat.


1. Pro Video Player


Anda membutuhkan video player dengan kemampuan decoding video yang lebih mumpuni? Pro Video Player (dulu bernama Video Player Pro) adalah jawabannya. Pro Video Player mampu memutar beragam format video seperti avi, m4v, mp4, wmv, flv, mpeg, mpg, mov, rm, vob, asf, mkv, f4v, ts, tp, m3u, dan m3u8.

Player Pro recentPlayer Pro sdcard

Video Player Pro

Tak hanya itu, Pro Video Player dapat memutar video berformat flv (yang biasa Anda peroleh dari YouTube) tanpa harus memasang plugin flash player tambahan, menarik? Silakan download Pro Video Player untuk mengetahui lebih jauh mengenai fitur-fiturnya.

Download Pro Video Player


2. Rock Player2


Ingin tampil beda? Iya, tidak seperti kebanyakan pemutar video Android yang tampilannya senada, Rock Player2 menyuguhkan tampilan keren ala pemutar video jadul yang dipadu dengan polesan layout modern, terdengar luar biasa bukan?

Rock Player2 media libraryRock Player2 file manager

Rock Player2

Menariknya lagi, selain video, Rock Player juga dapat memainkan koleksi file musik Anda (mp3, wma, aac, dll.). Meski begitu, Anda akan sedikit memerlukan adaptasi untuk mengoperasikan video player (plus music player) ini karena tampilannya yang bisa dikatakan tidak umum.

Download Rock Player2


3. BSPlayer


Pemutar video yang satu ini cukup populer di Play Store, dengan beragam komentar positif yang mendukungnya. Sayangnya, versi gratisan dari BSPlayer disisipi iklan (tapi tenang, hanya akan muncul dalam kondisi pause). Untuk menghilangkan iklan tersebut, Anda harus membayar $6.75.

BSPlayer playlist

BSPlayer

BSPlayer adalah murni video player (tak bisa memainkan file musik), tak seperti video player pada umumnya yang mengumpulkan video dalam satu playlist, di BSPlayer, Anda harus mencari sendiri direktori di mana Anda menyimpan file video, agak ribet memang.

Download BSPlayer


4. Archos Video Player


Mungkin Anda mengenal nama Archos sebagai produsen perangkat keras seperti mp3 dan mp4 player, tablet Android dll. Di samping itu, ternyata Archos juga mengembangkan perangkat lunak berupa video player untuk Android yang dilabeli Archos Video Player. Video player besutan Archos ini tampil sangat keren dengan layout yang memesona.

Archos library

Archos Video Player

Secara otomatis Archos Video Player mampu mencari dan menampilkan informasi mendetail dari suatu video, termasuk poster atau cover yang tampil layaknya sampul DVD. Untuk versi gratisannya, Archos Video Player menampilkan iklan pada saat Anda memutar video, cukup mengganggu (karena beberapa aplikasi lain hanya menampilkan iklan saat kondisi pause), tapi Anda dapat menghilangkannya dengan membeli versi berbayar atau mematikan koneksi internet.

Download Archos Video Player


5. RealPlayer


Terdengar familiar? Iya, RealPlayer memang sudah ada waktu Symbian masih berjaya. RealPlayer juga sempat populer sebagai video player di PC, namun tenggelam seiring berjalannya waktu. Nah, sejalan dengan populernya sistem operasi Android, RealPlayer kembali bangkit dan muncul sebagai aplikasi video player (lebih tepatnya multimedia player) untuk Android yang mumpuni.

RealPlayer UIRealPlayer Album

RealPlayer

Sekilas tampilannya mirip lingkaran navigasi iPod yang dimodifikasi. Sebagai multimedia player, RealPlayer tidak hanya mendukung file video, tapi juga mampu menampilkan koleksi foto dan musik Anda.

Download RealPlayer


6. VLC Player


Iya, tidak hanya untuk PC, VLC Player juga tersedia untuk Android, meski saat ini masih dalam versi beta (UPDATE: versi stable sudah tersedia). Untuk saat ini, VLC Player bukanlah video player terbaik untuk Android, karena memang masih dalam proses pengembangan.

VLC video listvideo audio track

VLC Player


Walau begitu, VLC memiliki fitur-fitur keren yang jarang ditemui pada video player lain, seperti fitur sleep timer yang dapat secara otomatis mematikan player dalam jangka waktu tertentu.

VLC for Android Stable


7. Wondershare Player


Mencari All in one video player? Wondershare mungkin yang Anda cari. Wondershare akan lebih digdaya bila Anda menggunakannya secara online. Secara otomatis, Wondershare akan menyajikan video-video terbaru yang sayang untuk dilewatkan.

Wondershare browseWondershare home

Wondershare Player

Ada juga fitur watch later yang memungkinkan Anda untuk mendownload video untuk disaksikan nanti secara offline.

Download Wondershare Player


8. VPlayer


VPlayer, seperti namanya, tampil secara minimalis dengan layout bertema Holo. Dibalik kesederhanaannya tersebut, VPlayer memiliki fitur yang tak kalah lengkap dibandingkan video player lainnya.



Pengembangnya mengklaim bahwa VPlayer lebih hemat baterai (dibanding video player dengan software decoder) karena menggunakan Hardware decoder. VPlayer juga dapat dipasangi plugin yang berguna untuk mningkatkan fungsi dan kinerjanya. UPDATE 31/07/2016: VPlayer sudah discontinue dan dihapus dari Play Store.


8.1. Kodi Media Center


Pernah dengar XBMC? Iya, Kodi adalah aplikasi media center untuk Android yang dulu bernama XBMC. Tidak hanya video sob, hampir semua jenis media digital populer mampu dimainkan Kodi dengan baik (foto, podcast, musik, dsb.).

Kodi now playing Sintel

Kodi playlist

Bicara tampilan, Kodi menyuguhkan antarmuka yang sederhana namun fungsional dan dinamis. Menariknya, informasi file media yang ditampilkan Kodi terbilang lengkap, sehingga memudahkan pengguna untuk mengetahui info film atau musik yang akan/sedang diputar.

Download Kodi Media Center


9. MoboPlayer


Bisa dikatakan, MoboPlayer adalah video player yang sangat populer di Google Play Store karena kemampuannya memutar hampir semua format video tanpa harus repot mengkonversinya terlebih dahulu. Selain itu, MoboPlayer juga mendukung banyak format subtitle seperti SRT, ASS, dan SAA.

Mobo replaymobo play

MoboPlayer

Ingin mengecek email sambil tetap nonton video? Gunakan fitur floating video. Saat menggunakan MoboPlayer, tekan tombol home perangkat Android Anda dan secara otomatis mengecil dan terbingkai dalam sebuah jendela yang bisa Anda pindah posisinya dan ubah ukurannya.

Download MoboPlayer


10. MX Player


Tak kalah populer dengan MoboPlayer, MX Player merupakan video player favorit para pengguna Android. Untuk urusan performa, MX Player telah dibekali dengan fitur multi-core decoding yang diklaim mampu meningkatkan performa perangkat Android berprosesor dual-core saat memainkan video sebesar 70% dibandingkan perangkat Android single-core.



Download MX Player

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×