08 November 2014

Cara Mudah Mengambil Screenshot pada Perangkat Android

Ah, bukannya mudah ya ngambil screenshot Android? Iya, mudah bagi Anda mungkin susah bagi orang lain sob :D Untuk Anda yang sudah akrab dengan Android, mengambil gambar atau foto layar ponsel atau tablet Android bukanlah hal yang susah. Di sisi lain, bagi yang baru kenalan dengan Android, cara ambil screenshot bisa jadi sebuah misteri yang belum terpecahkan.

Sebelumnya, apa sih screenshot itu? Screenshot (disebut pula screen capture, snapshot) adalah gambar/foto yang diambil dari layar, dalam konteks ini layar perangkat Android.

Lalu apa gunanya mengambil screenshot? Kalau ini pasti sudah pada tahu, pada umumnya screenshot diambil untuk sekedar dibagikan di media sosial (dengan berbagai alasan tentunya). Selain itu, screenshot juga berguna untuk mengabadikan momen tertentu yang dianggap penting (misalnya screenshot sisa pulsa :D).

Untuk para penulis atau blogger yang suka menulis tutorial mengenai gadget, aplikasi, sistem operasi, dsb. screenshot tentu menjadi media penjelas yang sifarnya wajib (karena gambar/foto seringkali lebih mudah dipahami daripada sekedar kata-kata).

Selanjutnya bagaimana cara mengambil screenshot pada perangkat Android? Ada banyak cara sob, tergantung dari versi Android dan merk perangkatnya. Silakan gunakan salah satu cara screenshot Android di bawah ini, bila cara pertama tidak berhasil, coba cara kedua dan seterusnya.


1. Semua Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke Atas


Ini adalah cara screenshot Android yang paling umum (untuk perangkat Nexus dan Android One). Cara ini umumnya berlaku (juga) untuk semua perangkat Android ICS, Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop (atau yang lebih baru lagi), termasuk smartphone Android dari Nokia (seperti Nokia X dan Nokia XL).

Moto G screenshot

Tekan dan tahan tombol power dan volume down (-) secara bersamaan sampai terdengar suara kamera. Setelah itu akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa screenshot telah berhasil diambil, tap notifikasi tersebut untuk melihatnya. Anda juga bisa melihat hasil screenshot melalui aplikasi gallery atau file manager (biasanya tersimpan di folder 'Screenshots').


2. Samsung dan HTC


Berbeda dengan Android kebanyakan, perangkat Android Samsung biasanya memiliki tombol home fisik. Hal tersebut ternyata juga menjadi pembeda untuk cara pengambilan screenshotnya. Untuk Anda pengguna ponsel atau tablet dari Samsung dengan Android 4.0 ke atas (juga beberapa Android HTC), silakan gunakan cara ini.

Tekan dan tahan tombol power dan home secara bersamaan sampai terdengar suara kamera. Selebihnya sama dengan cara pertama.

Samsung Galaxy S5 Screenshot

Untuk Android Samsung sebelum ICS (Gingerbread ke bawah), cara tersebut juga bisa digunakan. Bila tak berhasil, silakan coba tekan dan tahan tombol power dan back secara bersamaan, atau tekan dan tahan tombol tombol back lalu tekan tombol home sebanyak dua kali.

Pada beberapa Android HTC, bila cara di atas tidak berhasil, silakan tekan dan tahan tombol power terlebih dahulu, kemudian baru tekan tombol home.


3. Sony Xperia dan CyanogenMod


Pada beberapa Android besutan Sony (terutama seri Xperia lama) dan juga perangkat Android yang menggunakan custom ROM CyanogenMod, cara screenshotnya bisa dikatakan lebih mudah daripada dua cara sebelumnya. Cukup tekan dan tahan tombol power untuk memuncukan power menu, lalu pilih Take screenshot (Screenshot).

Xperia ScreenshotCyanogenmod screenshot

Jika tidak ada pilihan Take screenshot, Anda bisa menggunakan cara pertama (kombinasi tombol power dan volume down) untuk mengambil screenshot pada Android Sony Xperia dan CyanogenMod.

_________

Apa? Tak satu pun cara screenshot di atas berhasil? Silakan dicoba kembali. Pastikan jari-jari Anda menekan tombol yang benar dan benar-benar bersamaan, sob :)

Masih belum berhasil? Bila Android Anda belum memiliki akses root, silakan coba aplikasi No Root Screenshot It, atau Screenshot It untuk Android yang sudah diroot. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×