09 November 2014

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Terhubung ke WiFi dengan Android

Pernah merasa penasaran dengan siapa saja yang terhubung dengan jaringan WiFi yang saat ini sedang Anda gunakan? Bila Anda adalah admin dari jaringan WiFi tersebut tentunya tidak sulit untuk mengetahuinya (tinggal login ke router), tapi bila Anda tak memiliki akses admin ke jaringan WiFi itu, apa yang bisa Anda lakukan?

Mengetahui Siapa Saja yang Terhubung ke WiFi dengan Android

Sebenarnya gampang sob, bila Anda bisa terhubung ke suatu jaringan WiFi, tak perlu menjadi admin untuk sekedar mengetahui siapa saja, lebih tepatnya perangkat apa saja yang sedang terhubung ke WiFi saat itu juga.

Apa untungnya mengetahui perangkat apa saja yang lagi terhubung ke WiFi? Jika Anda memiliki jaringan WiFi, tentu Anda penasaran dengan siapa saja yang sedang terhubung atau berapa banyak orang atau perangkat yang sedang menggunakan WiFi tersebut hingga menyebabkan menurunnya kecepatan internet Anda (misalnya saat video YouTube yang Anda putar tiba-tiba goyang patah-patah).

Bisa juga ketika Anda ingin tahu IP dari masing-masing perangkat yang sedang menikmati WiFi Anda (untuk sekedar tahu atau mencari solusi bila koneksi bermasalah). Mungkin juga Anda ingin tahu orang mana yang berhasil menembus password WiFi Anda dan menggunakannya tanpa izin.

Sesuai judulnya, Anda bisa menggunakan aplikasi Android untuk mengungkap identitas perangkat-perangkat yang sedang terhubung ke suatu jaringan WiFi. Aplikasi apa?

Fing - Network Tools adalah aplikasi Android yang mampu menampilkan daftar perangkat yang sedang terhubung pada jaringan WiFi, lengkap dengan alamat IP, alamat Mac, nama perangkat, dan nama vendor (produsen perangkat).

FingNetwork Tools

Lebih lanjut, Anda bisa memberi nama dan catatan dari tiap-tiap perangkat yang terpindai oleh Fing. Selain itu, ikon dari tiap perangkat bisa Anda sesuaikan sendiri. Menariknya, History semua perangkat yang telah didaftar oleh Fing akan tersimpan secara otomatis dan tetap ditampilkan meski tidak aktif (jadi Anda bisa mengetahui status perangkat tersebut, online atau offline). Tertarik untuk mencoba Fing? Unduh melalui link berikut ini.

Download Fing - Network Tools untuk Android

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×