31 Oktober 2015

Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Android Tanpa Root

Seperti yang kita tahu, Android 6.0 Marshmallow sudah dilengkapi dengan pengaturan izin aplikasi (app permission) yang memungkinkan kita untuk memblokir izin tertentu yang diminta/dimiliki oleh suatu aplikasi (izin akses ke kamera atau mikrofon misalnya).

Memblokir Akses Internet Aplikasi Android

Terdengar menjanjikan ya, namun sayangnya tidak semua izin aplikasi Android bisa kita matikan atau blokir. Salah satu izin aplikasi yang tak bisa dimatikan adalah izin akses jaringan penuh (full network access), yang memungkinkan suatu aplikasi untuk mengakses internet.

Untuk aplikasi yang memang butuh akses internet (aplikasi perpesanan instan macam WhatsApp dan BBM contohnya), adanya izin akses jaringan penuh bisa dikatakan wajar, bahkan bersifat wajib (karena tanpa internet pesan tak bisa dikirim dan diterima). Lain halnya dengan aplikasi senter, kalkulator, stopwatch, kamus offline, dan aplikasi yang berlabel offline lainnya, untuk apa aplikasi-aplikasi tersebut minta izin untuk mengakses internet?

Iklan, iya, mayoritas aplikasi Android menggunakan izin akses jaringan penuh untuk menampilkan iklan. Tak ada yang salah dengan adanya iklan, karena para pengembang aplikasi berhak untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasi yang mereka bagikan secara gratis kepada kita, para pengguna Android.

Meski begitu, ada saja beberapa aplikasi Android yang sengaja menampilkan iklan secara berlebihan atau menempatkannya di posisi yang salah, sehingga mengganggu fungsi dari aplikasi itu sendiri. Nah, dalam konteks tersebut, kita sebagai pengguna punya hak untuk memblokir akses internet aplikasi tersebut (agar iklannya tidak tampil), atau beralih ke lain aplikasi yang lebih 'sopan' dalam menampilkan iklan.

Bagi pengguna Android yang sudah memiliki akses root, memblokir atau mencegah suatu aplikasi Android mengakses internet adalah hal yang mudah dilakukan. Cukup pasang aplikasi firewall yang banyak beredar di Play Store, lalu tinggal pilih aplikasi Android mana saja yang boleh mengakses internet dan yang tidak. Beres dah.

Lalu bagaimana dengan Android yang belum di-root? Mudah juga sob ternyata, untuk Anda pengguna Android 5.0 ke atas yang belum punya akses root, silakan pasang aplikasi NetGuard (untuk Android 4.4 ke bawah, silakan baca artikel mengenai NoRoot Firewall).

Kan banyak aplikasi firewall tanpa root di Play Store? Ini beda sob, NetGuard merupakan aplikasi yang berguna untuk memblokir akses internet aplikasi Android (baik melalui jaringan seluler maupun WiFi) yang gratis, minimalis, ringan, dan hemat baterai. Selain itu, NetGuard sudah mendukung IPv4 dan IPv6, serta TCP dan UDP, sehingga sanggup memblokir koneksi internet mulai dari 2G, 3G, HSDPA, sampai 4G LTE.

NetGuard

Cara memblokir akses internet aplikasi Android menggunakan NetGuard juga tidak susah sob. Ikuti saja intruksi yang muncul, aktifkan NetGuard, lalu ketuk ikon WiFi untuk mencegah aplikasi mengakses internet via WiFi dan/atau ketuk ikon sinyal untuk memblokir akses internet aplikasi via seluler. Kedua ikon tersebut akan berubah warna setelah diketuk; warna oranye berarti akses internet diblokir, warna hijau berarti akses internet diizinkan.

Nah, selain bebas dari iklan yang berlebihan, dengan memblokir akses internet pada aplikasi Android, kuota data internet kita akan lebih hemat sob, privasi juga lebih terjaga (tak perlu khawatir lagi pada pencurian data pribadi melalui internet oleh aplikasi yang mungkin Anda curigai). Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×