14 Juni 2014

Cara Mendapatkan Gems Gratis di Clash of Clans [Android - iOS]

Di game Clash of Clans, Gem adalah item yang paling berharga. Bagaimana tidak, dengan batu permata hijau tersebut, semua proses (membangun bangunan, melatih pasukan, upgrade segala macam) bisa diselesaikan dengan instan. Misal saja, membangun/upgrade Wizard Tower yang prosesnya biasanya memakan waktu hampir setengah hari, bisa selesai dalam sekejap bila menggunakan Gem (tap Finish Now).

Gems Gratis Clash of Clans Android

Masalahnya, Gem bukanlah resources yang bisa ditambang dan dijarah (seperti Gold, Elixir, dan Dark Elixir). Gem adalah "alat" yang digunakan pembuat game (dalam hal ini Supercell) untuk mendapatkan penghasilan (sengaja dibuat langka agar pemain terdorong untuk membelinya). Lalu bagaimana cara mendapatkan Gem? Cara paling instan (bukan berarti mudah ya) adalah dengan membelinya melalui in-app purchase (Anda harus punya kartu kredit dan harga Gem-nya pun tidak murah - Kini Anda bisa membeli gem Clash of Clans menggunakan pulsa).

Bila Anda belum punya kartu kredit, cara mendapatkan Gem selanjutnya adalah dengan membelinya dari penjual yang bisa ditemui di forum-forum jual beli (FJB Kaskus misalnya). Cara itu tidak membutuhkan kartu kredit, (biasanya) Anda akan diminta untuk transfer sejumlah uang ke rekening penjual Gem, kemudian sang penjual tersebut akan meminta (meminjam) akun Google Anda untuk diisi Gem.

Lalu adakah cara mendapatkan Gem Clash of Clans dengan gratis? Tentu saja ada. Silakan simak 3 cara dapat gems gratis Clash of Clans berikut ini.


1. Menyingkirkan Obstacles


Ini adalah cara paling mudah mendapatkan Gem gratis di Clash of Clans. Iya, hanya dengan menyingkirkan obstacle (pohon, batu, kayu, jamur, dll) yang tersebar di sekitar desa, Anda bisa mendapatkan beberapa (maksimal 6) Gem gratis dan juga XP (kadang hanya XP saja).

Menyingkirkan Obstacles

Jadi, bila Anda ingin Gem gratis dengan jumlah yang lumayan, silakan bersihkan semua obstacles yang mengotori desa Anda. Bila desa Anda telah bersih dari obstacles, jangan khawatir, obstacles tersebut akan terus muncul secara acak (dalam jangka waktu tertentu), sehingga Anda bisa terus berburu Gem dengan cara membersihkan obstacles.


2. Menunggu Gem Box


Selain pohon, batu, dll, ada sebuah obstacle yang berisi Gem, yaitu Gem Box. Seperti namanya, Gem Box adalah kotak yang berisi Gem. Sampai artikel ini ditulis, terdapat 25 Gem dalam satu Gem Box.

Menunggu Gem Box

Lumayan banyak memang jumlah Gem yang bisa Anda dapatkan dari Gem Box, namun tak seperti obstacle lainnya, Gem Box sangat jarang muncul. Meski begitu, kehadiran Gem Box sangat layak untuk ditunggu. Agar Gem Box cepat muncul kembali, jangan tunda untuk segera memanennya, karena biasanya Gem Box kedua tidak akan muncul sebelum yang pertama dipanen.




3. Kejar Achievement


Iya, layaknya murid sekolah, dalam bermain Clash of Clans, Anda harus menyelesaikan tugas-tugas tertentu untuk mengejar prestasi atau Achievement. Di Clash of Clans, Anda bisa menyelesaikan tugas-tugas tersebut (dapat dilihat dengan tap ikon Achievement di kiri bawah layar) untuk mendapatkan penghargaan (reward) berupa XP dan Gem gratis.

Achievement

Jumlah Gem yang bisa didapatkan dengan gratis melalui Achievement pun lumayan banyak. Seperti Achievement "Sweet Victory!," yang akan memberikan penghargaan 100 XP dan 450 Gem gratis bila Anda berhasil mendapatkan 1250 tropi dari peperangan yang Anda menangkan.


Selanjutnya, bila Anda bisa mengejar Achievement "League All-Star" dengan cara mengumpulkan tropi lagi untuk mencapai Liga Kristal (Crystal League), Anda bisa mendapatkan 250 Gem gratis. Hanya itu? Tentu saja tidak, masih banyak Achievement yang bisa Anda kejar untuk mendapatkan Gem, silakan cek sendiri.

______________

Sekedar tips tambahan; bila Anda sudah memiliki banyak Gem melalui cara di atas, sebaiknya gunakan untuk membeli Builder (jangan tergoda memakainya untuk mempercepat upgrade dll), agar pembangunan desa Anda berjalan cepat (makin banyak Builder, makin banyak bangunan yang bisa dibangun/diupgrade secara bersamaan), dan Anda bisa menjadi Bapak Pembangunan (halah).

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×