12 Juni 2014

Mengikuti Update Piala Dunia 2014 Melalui Facebook, Twitter, dan Google

Bagi sebagian (besar) orang, Piala Dunia 2014 adalah momen empat tahunan yang sangat penting dan sayang untuk dilewatkan. Masalahnya, banyak juga orang yang tidak memiliki waktu luang untuk menonton pertandingan sepak bola internasional tersebut.

Piala Dunia 2014

Untuk pengguna perangkat Android, Anda bisa menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2014 melalui ponsel atau tablet Android dengan menggunakan aplikasi Domikado 2014 FIFA World Cup dan Mivo TV.

Bila Anda tak sempat menonton pertandingan tim sepak bola kesayangan Anda secara langsung (via TV ataupun perangkat Android) karena satu dan lain hal, Anda masih bisa mengetahui berbagai hal menarik seputar piala dunia, termasuk jadwal pertandingan, update skor, video replay, dsb, melalui media sosial yang Anda ikuti.

Iya, menyambut Piala Dunia 2014, media sosial seperti Facebook dan Twitter (juga Vine) telah menyiapkan ruang khusus bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia. Google pun tak ketinggalan dengan menyiapkan beberapa konten spesial Piala Dunia 2014. Penasaran? Lanjut bacanya :D


Facebook: Trending World Cup


Hari gini belum punya Facebook?? :D Hampir semua orang kini di Facebook, tak kecuali Anda. Nah, untuk mendapatkan update berita seputar Piala Dunia 2014, Facebook telah menyediakan tempat khusus yang disebut Trending World Cup.

Facebook: Trending World Cup

Di Trending World Cup, Anda akan menemukan sindikasi berita dari berbagai sumber resmi, maupun berita yang berasal dari para fans piala dunia (termasuk update dari teman-teman Anda). Di kanan atas layar, Anda bisa menilik jadwal pertandingan Piala Dunia 2014 terbaru dan update skor dari pertandingan tersebut.

Fan Map

Selain itu, Facebook juga membuat peta interaktif yang menampilkan dari mana saja (negara/kota) para fans pemain sepak bola terkenal berasal (berdasarkan like dari masing-masing fans page resmi pemain yang bersangkutan). Pada peta yang disebut Fan Map itu, Anda bisa mengamati persebaran penggemar atlet sepakbola ternama seperti Ronaldo, Messi, Neymar, Rooney, Iniesta, Özil, Casillas, Villa, Benzema, dan Piqué.


Twitter: Hashflag World Cup


Seperti halnya Facebook, Twitter rupanya tak ingin penggunanya ketinggalan informasi mengenai Piala Dunia 2014. Cukup cari #worldcup dan Anda akan disuguhi berbagai info dan tweet terkini seputar Piala Dunia 2014.

Twitter: World Cup

Bila Anda mengakses hashtag worldcup dari web (desktop), di sidebar kiri Anda akan menemukan Scoreboard (berisi jadwal pertandingan sekaligus hasilnya/skor), dan di sidebar kanan terdapat daftar akun Twitter dari tim-tim sepakbola yang berlaga di Piala Dunia 2014.

Twitter: Hashflag World Cup

Tak hanya itu, untuk semakin memeriahkan perhelatan Piala Dunia 2014, Twitter telah merilis fitur Hashflag. Bila Anda mengetik hashtag (#) diikuti tiga huruf kode negara peserta Piala Dunia 2014, misalnya #FRA atau #GER, secara otomatis akan muncul bendera negara yang bersangkutan di akhir hashtag tersebut (disebut Hashflag).

Untuk Vine (media sosial berbagi video pendek milik Twitter), Anda bisa menemukan video yang berhubungan dengan Piala Dunia 2014 dengan menelusuri kata kunci atau hashtag worldcup (sama seperti Twitter), atau langsung ke link ini.


Google: World Cup Google Trends


Tak jauh berbeda dengan Facebook dan Twitter, Google meluncurkan konten khusus Piala Dunia 2014 di beberapa layanannya, seperti Google Search dan Google Trend.

World Cup Google Trends

Di Google Trend edisi khusus ini, Google mengumpulkan beragam tren tentang Piala Dunia 2014, mulai dari pemain, tim, sampai pada momen-momen penting pertandingan. Tren tersebut diramu dari berbagai sumber (pencarian seputar Piala Dunia 2014 di Google Search serta berbagai post mengenai Piala Dunia 2014 di Google+) dan ditampilkan dalam laman-laman khusus yang berwarna-warni.

Google Search world cup

Agar lebih praktis, saat Anda melakukan pencarian di Google dengan kata kunci "piala dunia" atau "world cup", Google akan menampilkan jadwal piala dunia lengkap dengan daftar grup dan babak gugur, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari jadwal Piala Dunia.

stadion macarana brazil

Satu lagi; ingin menjelajahi stadion-stadion yang akan digunakan dalam Piala Dunia 2014? Gampang, tak perlu jauh-jauh ke Brazil, cukup buka Google Map. Iya, dengan menggunakan Google Map (melalui fitur Street View) Anda bisa jalan-jalan ke 12 stadion resmi Piala Dunia 2014 di Brazil. Selain stadion, Anda juga bisa menelusui painted streets yang merupakan karya seni jalanan ikonik di Brazil.

_______________

Nah, meski disibukkan dengan berbagai aktivitas rutin sehari-hari, kini Anda tetap bisa mengikuti update mengenai seluk beluk Piala Dunia 2014 hanya dengan membuka media sosial atau mesin pencari favorit Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×