20 Januari 2019

Cara Melakukan Pembayaran Bukalapak Lewat OVO

Ditulis oleh pada 20.1.19
OVO? Bukannya Bukalapak pakai DANA ya? Benar sob, meski demikian, bukan berarti kita tidak bisa menggunakan OVO untuk melakukan pembayaran belanja online di Bukalapak.

Bayar Bukalapak Pakai OVO

Untuk toko online, saat ini hanya Tokopedia yang mengintegrasikan pembayaran lewat OVO. Walau begitu, sekali lagi bukan tidak mungkin kita membayar tagihan belanja online di toko online lain, macam Bukalapak, melalui OVO.

Bagaimana cara bayar Bukalapak pakai OVO? Mudah sekali sob, fitur TRANSFER adalah koentji. Iya, dengan memanfaatkan fitur transfer bank yang tersedia di aplikasi OVO, kita bisa dengan mudah melakukan pembayaran di semua toko online, tidak terbatas pada Tokopedia saja. Bukalapak, Shopee, Lazada - you name it - juga bisa.

Sayangnya, saat ini (dan mungkin seterusnya) fitur transfer ke rekening bank hanya bisa dinikmati pemegang akun OVO Premier. Oleh karena itu buat Anda masih berstatus Club, silakan upgrade akun OVO Anda ke Premier secara online (foto KTP Anda melalui aplikasi OVO) atau pun offline (mendaftar lewat kios atau booth OVO terdekat).


Nah, setelah updgrade ke OVO Premier, kita bisa melakukan transfer ke rekening bank mana pun yang kita mau secara gratis (asal masih dalam jangkauan OVO), termasuk transfer ke rekening Bukalapak misalnya.

Sebagai gambaran, saya memesan beberapa produk Remax di Bukalapak dan menggunakan OVO sebagai sarana pembayaran. Selengkapnya silakan simak langkah-langkah berikut.

Cara Bayar Bukalapak Pakai OVO Tanpa Biaya Admin


Setelah memilih produk dan memasukkannya ke dalam keranjang belanja aplikasi Bukalapak, saya memilih metode pembayaran melalui Virtual account. Kenapa tidak pilih Transfer bank saja? Karena selain prosesnya lebih cepat, pembayaran melalui Virtual account tidak membutuhkan kode unik sob, jadi bayarnya persis sesuai harga produk + ongkir.

Tunggu dulu, memangnya bisa ya pakai OVO buat transfer ke Virtual account?


Ini sebenarnya agak membingungkan. Awalnya saya sempat bertanya ke cs OVO mengenai hal itu namun tidak mendapatkan jawaban yang pasti. Mereka hanya menyatakan bahwa transfer dapat dilakukan ke sesama OVO dan bank, tidak ada penegasan mengenai Virtual account (walau sudah saya tanyakan berkali-kali jawabannya tetap seperti itu).

Bermodal penasaran, saya pun memutuskan untuk mencoba memilih metode pembayaran melalui Virtual account BNI Bukalapak (Metode Pembayaran → Virtual Account → pilih BNI → ketuk tombol "Gunakan Metode Ini" → ketuk tombol "Bayar sekarang"). Kenapa BNI? Sampai artikel ini diketik, saya belum pernah mencoba transfer dari OVO ke virtual account bank selain BNI sob. Bila penasaran, silakan coba bank lainnya, yang penting yaqueen 😁.

Metode pembayaran Bukalapak

Tidak lama kemudian muncul laman yang memuat nomor BNI Virtual Account Bukalapak (bisa disalin untuk meminimalisir kesalahan ketik), jumlah tagihan, dan batas waktu pembayarannya.

Selanjutnya beralih ke aplikasi OVO, pilih menu Transfer - ketik nominal persis sesuai tagihan Bukalapak (dalam hal ini 83527) → pilih Rekening Bank → pilih Bank BNI → ketik (atau tempel) nomor rekening Virtual Account Bukalapak tadi → isi pesan bila diinginkan → pastikan semua isian dan pilihan sudah benar → ketuk tombol "Transfer".

Transfer OVO ke rekening virtual

Cek sekali lagi info yang muncul di jendela "Konfirmasi transfer" kemudian ketuk tombol "Konfirmasi".

Konfirmasi transfer OVO ke virtual account

Idealnya, akan muncul laman yang menyatakan bahwa transfer OVO ke Virtual account Bukalapak telah berhasil dilakukan.

Sekitar semenit kemudian, saya memperoleh notifikasi dari aplikasi Bukalapak (plus email) yang menyatakan bahwa pembayaran telah berhasil. Bagaimana sob? Mudah dan cepat bukan?

Pembayaran sukses Bukalapak lewat OVO

Simpulannya, OVO ternyata bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di semua toko online yang menyediakan metode pembayaran transfer bank, baik ke rekening biasa maupun virtual account. Jadi selain Tokopedia, bayar Bukalapak pakai OVO juga bisa sob, meski memang tidak diumumkan secara resmi (oleh karena itu jangan berharap dapat cashback sob 😀, setidaknya untuk saat ini). Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×