27 Februari 2017

Cara Menghubungkan Stick Xbox 360 USB ke Android - USB/BT Joystick Center

Ditulis oleh pada 27.2.17

Selain fungsi utamanya sebagai alat komunikasi, Android merupakan perangkat yang lazim digunakan untuk main game. Tidak mengherankan memang, karena sampai artikel ini diketik, tercatat sudah ada ratusan ribu judul game yang bisa dimainkan di ponsel maupun tablet Android.

Menghubungkan Stick Xbox 360 USB ke Android

Sebagian besar game tersebut biasanya kita mainkan pakai layar sentuh sob. Sebagian lainnya, selain bisa dimainkan dengan ketukan dan usapan layar, ternyata bisa pula dimainkan menggunakan stick atau gamepad (terutama game-game emulator).

Bila Anda mengikuti artikel-artikel di blog ini, tentu Anda sudah mengetahui bahwa stick game console macam PS2 maupun PS3 ternyata bisa digunakan untuk memainkan game Android. Nah, agar semakin lengkap, kali ini kita akan membahas cara main game Android dengan stick Xbox 360 USB.

Apa itu Xbox 360? Buat yang belum tahu, Xbox 360 adalah game console bikinan Microsoft untuk menyaingi kepopuleran PlayStation. Secara umum Xbox 360 dilengkapi dengan dua macam gamepad yaitu wireless dan wired (USB, yang akan dibahas pada artikel ini).

Xbox 360

Walau pada dasarnya stick Xbox 360 USB dibuat khusus untuk Xbox 360 dan PC berbasis Windows, terdapat sejumlah perangkat Android yang bisa mengenali stick tersebut (seperti ponsel dan tablet flagship dari Samsung, Asus, dan Sony yang support USB OTG). Lalu bagaimana dengan ponsel lainnya (bukan flagship)? Ada yang bisa ada yang tidak sob (saya tidak punya data lengkapnya).

Cara Main Game Android Pakai Gamepad Xbox 360

Sebelum melangkah lebih jauh, silakan siapkan alat dan bahan berikut ini:

  1. Ponsel atau tablet Android yang sudah support USB OTG dan sudah ROOT.
  2. Stick Xbox 360 wired (USB).
  3. Adapter USB OTG.

Saat saya coba di tablet Samsung Galaxy Tab 3 10.1, lampu LED di stick Xbox terlihat berkedip-kedip, namun sayangnya tablet tersebut tidak merespon ketika tombol-tombol stick ditekan. Apakah tidak support? Belum tentu.

Browsing sana-sini akhirnya saya menemukan aplikasi bernama USB/BT Joystick Center, yang berguna untuk mengenali bermacam gamepad eksternal, termasuk stick Xbox. Sayangnya lagi, aplikasi tersebut kini sudah lenyap dari Play Store (tapi APK-nya masih bisa ditemukan dengan mudah di jagat maya).

UPDATE 10/10/2018: Aplikasi USB/BT Joystick Center kini sudah bisa diunduh dari Play Store sob, dengan harga sekitar 60 ribu rupiah 😅

Singkatnya, dengan aplikasi USB/BT Joystick Center (serta Joy2Touch Server bila diperlukan), saya bisa memainkan game-game Android (termasuk game dari platform lain melalui emulator) dengan menggunakan stick Xbox 360 USB; seperti yang tampak pada video ini.

Pada video tersebut saya mencoba memainkan game Table Top Racing, Neon Shadow, dan Dragon Ball Z Shin Budokai (PSP). Ketiganya bisa langsung dimainkan tanpa perlu mapping tombol stick Xbox 360 terlebih dahulu. Bagaimana dengan game lain? Intinya semua game Android yang support gamepad (dan juga game emulator) bisa dimainkan pakai stick Xbox 360 USB (dengan setting NAT).

Lalu gimana dengan game Android yang belum support gamepad? Bisa juga sob, pantau terus blog Memudahkan untuk update selanjutnya 😉

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×