23 Februari 2017

Cara Upload Banyak Foto dan Video Sekaligus di Instagram

Umumnya, upload foto dan video di Instagram hanya bisa dilakukan satu per satu sob, tapi itu semua berubah setelah negara api... setelah Instagram memperoleh update fitur terbaru. Iya, kemarin waktu setempat (22/02/2017), Instagram telah mengumumkan kehadiran fitur multiple upload untuk foto dan video.

Unggah banyak foto IG

Sungguh ini merupakan kabar baik bagi Instagramer yang ingin mengunggah banyak foto dan video sekaligus ke Instagram. Selain itu, fitur tersebut sangat cocok bagi Anda yang gemar berbagi tips atau tutorial (cara memasak misalnya), karena foto/video yang diupload dapat ditampilkan secara berurutan di timeline Instagram layaknya slide show (tapi gesernya manual sob, swipe ke kanan atau kiri 😀).

Perlu diperhatikan bahwa foto dan video yang diunggah secara bersamaan di Instagram akan disatukan dalam sebuah post (yang cocok juga disebut dengan galeri atau album Instagram). Saat artikel ini diketik, kita bisa mengupload maksimal 10 foto, video, atau gabungan keduanya.


Upload Banyak Foto dan Video Instagram Sekaligus


Cara unggah banyak foto dan video Instagram sekaligus ternyata tidak sulit sob, tinggal update aplikasi Instagram ke versi terbaru lalu ikuti langkah mudah ini.
  1. Jalankan aplikasi Instagram, lalu pilih ikon plus (+) di bawah layar.

  2. Buka tab 'Galeri' dan ketuk ikon 'Pilih Beberapa'.

    Multiple photo Instagram

  3. Pilih minimal dua foto/video dari galeri. Tips: kita bisa menyesuaikan ukuran tiap foto/video yang akan diunggah dengan cara pinch to zoom. Tekan 'Selanjutnya' untuk lanjut.

  4. Ketuk filter favorit Anda untuk menerapkannya pada semua foto dan video. Bila diinginkan, pilih salah satu foto/video untuk mengedit atau menerapkan filter yang berbeda.

    Ubah urutan foto video Instagram

  5. Bagaimana cara mengurutkan foto/videonya? Tekan tahan foto/video lalu geser ke kanan/kiri untuk mengubah urutannya. Tekan tahan dan geser ke atas (ikon tempat sampah) untuk menghapusnya.

  6. Selanjutnya beri keterangan (caption) dan lokasi untuk seluruh foto/video sekaligus (saat ini belum bisa satu-satu). Khusus untuk tag, kita bisa memilih foto/video tertentu. Jangan lupa ketuk 'Bagikan'.

    Swipe ke kiri untuk melihat foto lainnya

  7. Nah, kumpulan foto dan video tersebut akan menyatu dalam sebuah post di timeline Instagram (ditandai dengan indikator gulir di bawahnya) dan laman profil Anda (ditandai ikon multiple di pojok kanan atas).

  8. Kok hanya foto/video pertama yang muncul? Geser ke kiri untuk melihat sisanya.

Ok sob, itulah ulasan singkat mengenai langkah-langkah mengupload banyak foto atau video sekaligus di Instagram. Pantau terus Memudahkan untuk tips dan trik tambahan lainnya. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×