10 Januari 2017

Cara Main Game PPSSPP, ePSXe, dan Nostalgia.NES Pakai Stick PS2 [Android]

Main game emulator di Android enaknya memang pakai stick atau gamepad sob, feel-nya lebih dapet dan jauh lebih menyenangkan daripada pakai layar sentuh.

Main Game PPSSPP, ePSXe, dan Nostalgia.NES Pakai Stick PS2

Benar sekali, selain karena game emulator memang tidak didesain untuk layar sentuh, tingkat kesulitannya jelas jauh berbeda dengan game-game Android masa kini (yang cukup dimainkan dengan satu atau dua jari).

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa penggunaan gamepad 🎮 sebenarnya adalah hal wajib jika Anda sering dan gemar main game-game lawas via emulator di Android.

Nah, setelah membahas cara menghubungkan stick PS2 ke Android di artikel sebelumnya, kali ini kita akan mengulas bagaimana cara main game jadul di Android (via emulator) pakai stick PS2. Emulator apa saja? Di antara seabrek emulator yang beredar di Play Store, saya memilih 3 emulator populer sebagai perwakilan, yaitu Nostalgia.NES, PPSSPP, dan ePSXe; yang secara berurutan akan saya gunakan untuk memainkan game Super Mario Bros. (NES), Metal Slug XX (PSP), dan Tekken 3 (PSOne).

Sebelumnya, agar game-game jadul tersebut bisa dimainkan dengan stick PS2 (atau stick-stick lainnya), kita perlu melakukan mapping tombol untuk masing-masing emulator. Bagaimana cara mapping PPSSPP, ePSXe, dan Nostalgia.NES di Android? Langsung saja putar video dari channel YouTube Memudahkan berikut ini.


Video Main Game PPSSP, ePSXe, dan Nostalgia.NES Pakai Stick PS2



Seperti yang sudah disinggung di video, proses mapping tombol stick ke emulator Android hanya perlu dilakukan sekali saja, kecuali bila Anda ingin mengubahnya atau ganti stick lain. Di beberapa emulator seperti NostalgiaNES., terdapat gamepad profile yang berguna untuk menyimpan mapping tombol untuk stick atau gamepad tertentu, sehingga kita tak perlu mapping ulang meski sering gonta-ganti gamepad.

Ok sob, segitu dulu yang bisa saya ketik untuk artikel ini. Bila dirasa berguna, terima kasih saya ucapkan untuk Anda yang sudi membagikan artikel ini ke media sosial. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel berikutnya 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×