18 Agustus 2019

Mengaktifkan Chrome Duet - Toolbar Bawah di Google Chrome Android

Ditulis oleh pada 18.8.19
Umumnya, peramban web untuk ponsel pintar seperti Opera, UC Browser, Samsung Internet Browser, Mint Browser, Microsoft Edge, dll. memiliki toolbar ganda, yang terletak di atas dan bawah layar. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk memudahkan pengguna menjangkau berbagai fungsi atau tombol penunjang aktivitas browsing, macam tab switcher, menu, share, dsb.

Memindah toolbar Chrome ke bawah

Tetapi tidak dengan Google Chrome. Iya, sampai saat ini, Chrome hanya menyediakan satu toolbar di atas layar yang isinya didominasi oleh address bar, sehingga menyulitkan pengguna saat menggunakan ponselnya dengan satu tangan. Apalagi ponsel zaman now memiliki layar yang cukup tinggi, lebih tinggi dari jangkauan jempol pengguna pada saat menggenggam ponsel.

Lalu kenapa masih pakai Chrome, pakai UC saja beres, tombolnya terletak di bawah layar kan? Benar, sob. Meski demikian, Chrome adalah peramban web buatan Google, yang mana memiliki pengguna setia yang tidak kalah banyak dengan pengguna browser lainnya. Tidak mudah rasanya mengganti Chrome (sebagai browser utama) dengan browser lainnya (itu sih opini pribadi 😅).


Buat Anda yang merasakan hal yang sama, teramat sayang dengan Chrome meski toolbar-nya susah diraih, kini ada berita gembira, sob. Belum lama ini, Google membawa fitur yang disebut Chrome Duet (sebelumnya disebut Duplex atau Home) ke Chrome versi stable. Iya, fitur yang awalnya hanya tersedia di Chrome Canary dan beta tersebut kini bisa diaktifkan secara manual melalui laman Chrome Experiments.

Apa itu Chrome Duet? Seperti namanya, Chrome Duet adalah fitur "dua toolbar" yang terletak di atas dan bawah layar, layaknya toolbar pada browser yang tadi disebut di paragraf pertama. Melalui fitur tersebut, kini pengguna Chrome bisa lebih mudah mengakses berbagai menu utama browser (home, share, search, tab dan menu lainnya) yang terletak di toolbar bawah layar. Kemudian bagaimana cara mengaktifkan toolbar bawah Google Chrome tersebut? Mari lanjut bacanya, sob.

UPDATE 15/07/2020: Fitur Chrome Duet akhirnya layu sebelum berkembang, sob. Benar, fitur yang sifatnya eksperimental tersebut ternyata dihentikan pengembangannya karena satu dan lain hal (yang tidak dijelaskan lebih lanjut oleh para pengembangnya).

Kemungkinan kini Google sedang menggarap fitur pengganti yang dianggap lebih baik dari Duet. Bukan tidak mungkin fitur semacam itu akan kembali lagi suatu saat dengan versi yang lebih ideal. Kita pantau saja 😊


Cara Memunculkan Toolbar Bawah Google Chrome Android


  1. Sebelum melangkah lebih jauh, silakan update Google Chrome Anda ke versi paling baru (minimal versi 76.0.3809.111) lalu jalankan.

  2. Ketik chrome://flags di address bar dan ketuk "Go" (Pergi) untuk membuka laman Experiments.

  3. Lakukan pencarian dengan kata kunci "duet" pada kotak pencarian yang tersedia untuk menemukan experiment "Chrome Duet" dan "Chrome Duet Labels".

    Chrome Duet Labels

  4. Untuk mengaktifkan fitur toolbar di bawah layar, ubah "Default" menjadi "Enabled" pada experiment "Chrome Duet" (hasilnya seperti gambar pertama di artikel ini). Bila Anda menginginkan keterangan atau label pada tiap tombol di toolbar bawah tersebut, lakukan hal yang sama pada "Chrome Duet Labels" (seperti gambar di bawah langkah ke-3). Setelah itu tekan tombol "Relaunch Now" untuk menutup dan membuka kembali Google Chrome.

  5. Bila toolbar bawah belum muncul setelah relaunch, tutup atau hapus Chrome dari recent app ponsel Android Anda, lalu jalankan kembali.

Nah, sudah muncul, kan "Chrome Duet" nya? Jika memperoleh feedback positif dari para penggunanya, kemungkinan besar fitur Chrome Duet akan menjadi fitur default di versi Chrome yang akan datang. Kalau menurut saya pribadi, hadirnya toolbar di bawah layar tentu memudahkan kita mengaksesnya, terutama saat kita menggunakan ponsel jangkung dengan satu tangan, kalau menurut Anda bagaimana, sob? Apakah Chrome Duet cuma gimmick untuk mengikuti tren browser mobile masa kini? Atau memang benar-benar berguna dan perlu dilanjutkan keberadaannya? Selamat mencoba 😊

Jadilah yang pertama berkomentar

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×