04 April 2019

Mencegah Orang Lain Menambahkan Anda ke Grup WhatsApp

Ditulis oleh pada 4.4.19

Pernahkan Anda menerima pesan WhatsApp dari suatu grup antah-berantah? Lho eh... sejak kapan saya berada di sini? 😱 Iya, berbekal nomor WA Anda, siapa pun bisa dengan mudah menambahkan Anda ke suatu grup tanpa perlu persetujuan apa pun. Solusinya sebenarnya simpel, langsung keluar grup saja dan masalah selesai, sob.

Agar tidak ditambahkan ke grup WA sembarangan

Benarkah selesai? Ternyata tidak sepenuhnya begitu, setelah keluar dari grup yang tidak jelas tersebut, kemungkinan Anda akan dimasukkan ke grup lain yang tak kalah ngawurnya, dan begitu seterusnya.

Tidak perlu panik, sob. Setelah menerima masukan dari para penggunanya, WhatsApp telah meluncurkan fitur baru yang berguna untuk mencegah orang lain menambahkan Anda ke dalam grup tanpa izin. Bagaimana caranya?

Agar Tidak Ditambahkan ke Grup WhatsApp Sembarangan

  1. Silakan update aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru, kemudian ketuk menu tiga titik di kanan atas layar → Settings (Setelan)→ Account (Akun) → Privacy (Privasi) → Groups (Grup).
  2. Pada dasarnya fitur baru WhatsApp ini berfungsi untuk mengatur siapa saja yang boleh menambahkan Anda ke dalam grup. Pilih salah satu sesuai hati nurani Anda 😁
    Privasi grup wa terbaru
  3. Pilih Everyone (Semua orang) untuk mengizinkan semua orang menambahkan Anda ke grup mereka. Tentu pilihan tersebut bukanlah solusi yang tepat bagi Anda yang mengutamakan privasi. Sebaliknya, jika Anda hobi berpetualang di grup-grup baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, Everyone boleh dibilang recommended.
  4. Bila My Contacts (Kontak saya) dipilih, maka hanya orang-orang yang berada di daftar kontak WhatsApp Anda saja yang bisa memasukkan Anda ke dalam suatu grup. Pilihan tersebut cukup aman dipilih bila Anda mengenal atau setidaknya tahu siapa saja yang ada di daftar kontak WA Anda.
  5. Terakhir adalah Nobody (Tidak ada). Pilihan yang akan membuat siapa pun tidak bisa menambahkan Anda ke dalam grup mana pun. Benar, Nobody merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang tidak ingin dimasukkan ke dalam sembarang grup tanpa izin.

Lalu apa yang terjadi bila seseorang (di luar kontak) berusaha menambahkan saya ke dalam grup bila pilihan My Contacts atau Nobody dipilih? Orang tersebut akan memperoleh notifikasi yang menyatakan bahwa Anda tidak bisa dimasukkan ke grup dan diberi pilihan untuk mengundang Anda melalui pesan pribadi. Sampai di situ Anda bisa menentukan untuk menerima atau menolak undangan masuk grup itu dalam jangka waktu tiga hari. Lewat tiga hari, undangan tersebut akan kedaluwarsa secara otomatis.

Tidak bisa menambahkan ke grup WA

Masa-masa menjelang pemilihan umum seperti ini, tidak jarang kita (hah?! kita??) ditambahkan ke dalam grup yang mendukung paslon tertentu. Padahal kita memiliki pilihan yang berbeda dengan mayoritas anggota grup tersebut. Oleh karena itu, hendaknya kita bijak dalam memilih opsi privasi grup yang telah disediakan WhatsApp tersebut. Pilihlah yang sekiranya bisa memberi rasa aman dan nyaman di era kebebasan komunikasi ini. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×