06 April 2019

Cara Mengaktifkan Game Turbo Mode di MIUI (Pocophone F1)

Ditulis oleh pada 6.4.19
Predikat gaming sepertinya sedang naik daun akhir-akhir ini. Sebut saja laptop gaming, mouse gaming, headset gaming, dsb. Tak ketinggalan pula smartphone gaming. Iya, semua itu pada dasarnya diadakan karena pasarnya ada. Bila dulu main game umumnya dilakukan di konsol atau PC, sekarang orang di mana-mana main game menggunakan smartphone.

Mengaktifkan Game Turbo Mode Xiaomi

Melihat peluang tersebut, produsen smartphone berlomba-lomba merakit smartphone mereka dengan kesan gaming yang kuat, atau setidaknya ada embel-embel gaming-nya. Belum lama ini, Xiaomi memperkenalkan fitur Game Turbo Mode pada Mi 8 Pro, Mi 9 dan Mi Mix 3 5G. Ketiganya bukan smartphone gaming kan? Benar, sob, namun dilihat dari spesifikasinya, ketiga smartphone tersebut tentu cocok untuk bermain game kelas berat sekalipun.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya semua smartphone flagship dari produsen mana pun pasti lancar-lancar saja untuk bermain game, meski penampilannya tidak segemerlap smartphone gaming pada umumnya, yang penting kan isinya 😋 Mungkin itulah salah satu pertimbangan Xiaomi untuk menghadirkan fitur Game Turbo Mode pada ponsel flagship mereka.


Menyusul Mi 8 Pro, Mi 9 dan Mi Mix 3 5G, smartphone "murah" dengan tagline "master of speed" juga kebagian fitur Game Turbo Mode, sob. Iya, tidak salah lagi, melalui update MIUI 10.3.4 Global Stable yang dirilis beberapa waktu yang lalu, Pocophone F1 kini semakin smooth, cepat, dan stabil saat diajak main game berkat hadirnya Game Turbo Mode. Bukannya sudah ada Game Speed Booster? Bisa dibilang Game Turbo Mode adalah Game Speed Booster yang ditingkatkan, sob.


Cara Memunculkan Game Turbo Toolbox di Pocophone F1


Letak Game Turbo Mode di Pocophone F1 sebenarnya sama saja dengan Game Speed Booster. Bedanya, kini kita tak perlu repot masuk ke aplikasi Security, langsung cari saja aplikasi bernama Game Turbo di app drawer untuk mengaktifkannya.

  1. Pertama kali dibuka, kita akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Game Turbo. Pilih Agree untuk lanjut.

    Pintasan Game Turbo

  2. Tampilan Game Turbo di Pocophone F1 didominasi dengan warna hitam dan kuning keemasan, senada dengan warna khas logo Poco.

    Tampilan Game Turbo Mode Pocophone F1

  3. Di sana terpampang dengan apik daftar game yang terpasang di Pocophone. Semisal ada game yang belum masuk daftar, bisa ditambahkan secara manual, sob.

  4. Selanjutnya, kita buka game PUBG Mobile sebagai percobaan. Untuk pertama kali, kita akan disambut dengan tutorial singkat cara memunculkan toolbox Game Turbo saat in-game.

    Membuka toolbox Game Turbo

  5. Iya, cukup swipe sisi kiri/kanan atas layar untuk membuka toolbox Game Turbo. Di dalamnya kita bisa menemukan beragam tool penunjang main game, seperti shortcut data, wifi, DND (Do Not Disturb), dsb.

    Macam-macam toolbox Game Turbo

  6. Ingin lebih banyak tool? Langsung geser ke bawah saja, sob. Ada shortcut WhatsApp, Telegram, record screen, screenshot, dsb.

  7. Uniknya, melalui shortcut tersebut, kita bisa mengirim pesan WA atau Tele tanpa perlu keluar dari game. Kabarnya aplikasi Facebook dan Messenger juga bisa, sob, yang penting aplikasinya mendukung picture in picture mode.

    Kirim WhatsApp saat main PUBG

  8. Sayangnya, saat ini belum ada indikator baterai, FPS counter, atau CPU monitor pada toolbox tersebut. UPDATE 13/06/2019: Mulai versi 1.1.2, toolbox Game Turbo sudah dilengkapi dengan CPU dan GPU performance indicator, serta FPS counter. Ada tambahan jam dan indikator baterai juga sob.

    CPU dan GPU performance indicator, serta FPS counter

  9. Bila ingin tampilan yang lebih lega dan menarik, aktifkan saja landscape mode, tunggu beberapa saat proses unduhan art dari masing-masing game yang tersedia di daftar Game Turbo selesai.

    Tampilan Game Turbo Landscape


Nah, selain meningkatkan performa smartphone, Game Turbo Mode ternyata juga memiliki toolbox yang berguna untuk memudahkan kita dalam bermain game, sob. Ditambah lagi sekarang fitur Screen Recorder bawaan MIUI sudah dibekali dengan fitur rekam audio internal atau system sound, sehingga pengalaman main game di Pocophone F1 makin komplet dan menyenangkan.

Lalu bagaimana dengan smartphone berbasis MIUI lainnya, apakah bakal mendapatkan update Game Turbo juga? Sampai artikel ini diketik belum ada kabar resmi, sob, namun ada kemungkinan smartphone berbasis MIUI 10 yang sebelumnya punya Game Booster juga akan memperoleh Game Turbo Mode pada saatnya nanti (seperti Redmi 5 Plus, Redmi Note 5, Note 6, Note 7, dsb.). Kita tunggu saja update selanjutnya. Selamat mencoba 😊

NB: Setelah Game Turbo Mode diaktifkan dengan cara di atas tadi, kita tidak harus masuk ke aplikasi Game Turbo untuk main game. Membuka game secara langsung lewat app drawer atau homescreen akan juga akan memicu Game Turbo untuk aktif secara otomatis, asal game tersebut sudah masuk dalam daftar game di aplikasi Game Turbo.

BTW, link downloadnya mana, min? Sampai artikel ini diupdate pada 24/06/2019, Game Turbo Mode hanya bisa berjalan di ponsel Android MIUI yang telah disebutkan di paragraf ke-4 artikel ini.

Kan APK-nya ada? Iya, namun file APK tersebut hanya bisa dipasang dan digunakan pada perangkat-perangkat berbasis MIUI tadi. Saat dicoba pasang di perangkat selain MIUI tersebut, akan muncul pesan "App not installed. The package conflicts with an existing package by the same name."

Ok deh kalau begitu, nanti kabarin kalau ada update lagi, terutama kalau sudah bisa dipasang di Redmi Note 7 dsb. Ok siap, sob, pantau terus blog Memudahkan untuk update selanjutnya 😉

Download Game Turbo APK

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×