07 April 2019

Mengatasi Choose Update Package Tidak Muncul di MIUI

Ditulis oleh pada 7.4.19

Terus terang saya baru mengalami masalah ini, sob. Sejak masih di Android Oreo (MIUI 9), pilihan "Choose Update Package" selalu ada di updater Pocophone F1. Baru setelah update ke Android Pie (MIUI 10.1.3) pilihan tersebut menghilang dari updater.

Memunculkan Choose Update Package MIUI

Buat yang belum tahu, opsi "Choose Update Package" sangat berguna ketika kita ingin melakukan pembaruan MIUI secara manual. Skenarionya begini: Meski sudah ada opsi update otomatis dari aplikasi updater MIUI, terkadang ada masalah dalam proses pengunduhan file updatenya. Entah karena koneksi internet yang kurang stabil atau ada masalah di server update MIUI (saking banyaknya yang update dalam waktu bersamaan).

Oleh karena itu, saya lebih sering mengunduh paket pembaruan MIUI lewat PC atau laptop untuk kemudian dipindah ke ponsel. Selanjutnya saya melakukan update manual melalui opsi "Choose Update Package" di aplikasi updater. Masalahnya (seperti yang sudah saya singgung tadi), opsi yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai "Pilih Paket Pembaruan" tersebut tidak muncul di antara pilihan menu updater lainnya. Ke manakah gerangan?

Cara Memunculkan Choose Update Package di Updater MIUI

Main-main sebentar ke forum MIUI, tak hanya si Poco saja yang mengalami masalah itu, sob. Ponsel Android Xiaomi dari seri Mi dan Redmi juga terkena imbasnya (seperti Redmi Note 5 dan Mi 8). Pokoknya hape Xiaomi yang pakai MIUI berkemungkinan untuk terdampak masalah serupa.

Lanjut baca-baca thread, solusinya bisa dikatakan sangat mudah sob. Ternyata opsi itu tidak hilang, namun hanya disembunyikan. Cara memunculkan "Pilih Paket Pembaruan" di updater MIUI sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membuka Opsi Pengembang di Android.

Reboot to recovery mode Xiaomi

Buka saja aplikasi updater melalui Setelan → Tentang telepon → Pembaruan sistem, lalu ketuk logo MIUI tujuh kali → muncul notif "Tambahan fitur pembaruan hidup", setelah itu cek menu tiga titik di kanan atas layar → di sana kita bisa menemukan pilihan "Choose Update Package" atau "Pilih Paket Pembaruan". Beres sudah.

Oiya, opsi "Mulai ulang ke mode pemulihan" (Reboot to recovery mode) juga akan muncul setelah cara di atas diterapkan. Jadi sebenarnya ada dua menu yang sengaja disembunyikan Xiaomi dari aplikasi updater MIUI. Untuk apa disembunyikan? Entahlah, sob, mungkin untuk mengarahkan pengguna agar selalu melakukan pembaruan MIUI secara langsung, atau bisa juga sekedar gimmick agar kita olah jari ketak-ketuk tujuh kali 😅 Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×