21 April 2019

Cara Logout Gmail di Ponsel Xiaomi Berbasis MIUI

Ditulis oleh pada 21.4.19
Ini saya alami sendiri, sob. Menghapus akun Google dari ponsel Xiaomi ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Sebenarnya tidak sulit juga, hanya saja saya tidak tahu di mana letak opsi hapus akun di pengaturan MIUI.

Hapus akun Google Xiaomi

Untuk MIUI versi lawas (saya tidak tahu persis versi berapa), opsi tersebut biasanya terletak di Setelan → Akun lain. Gulir ke atas balik lagi ke bawah, tidak ada satu pun opsi yang terbaca "Akun lain" di laman Setelan MIUI Global 10.3 yang saya gunakan saat ini.

Selidik punya selidik, saya menemukan sub menu "Akun" di sana, dengan opsi "Akun Mi" dan "Sinkron". Nah, di dalam opsi "Sinkron" itulah, terhampar deretan akun yang saya gunakan di ponsel ini, termasuk akun Google.

Di situ kita bisa menghapus akun Google yang kita inginkan. Apakah akan menghapus akun secara permanen? Tentu tidak, sob. Maksud menghapus akun di sini adalah menghapus akun dari ponsel, bukan menghapus akun itu sendiri.

Kok judulnya logout Gmail? Sama saja, sob, menghapus akun Google dari ponsel sama halnya dengan keluar (logout) dari semua layanan Google yang terkait dengan akun tersebut, termasuk Gmail. Lalu bagaimana langkah-langkah logout Gmail di ponsel Xiaomi? Ikuti tutorial mudah berikut ini.


Cara Menghapus akun Google sekaligus keluar dari Gmail di MIUI


  1. Langsung saja tuju laman Setelan → Sinkron → pilih Google.

    Setelan sinkron Google

  2. Di dalam tutorial ini, ada tiga akun Google di ponsel Xiaomi saya. Salah satunya (paling bawah) akan saya hapus agar tidak terlalu banyak notifikasi Gmail yang masuk. Pilih akun Google yang akan dihapus → Lainnya (1).

    Sinkronisasi

  3. Sebelum dihapus dari ponsel, ada baiknya kita pilih opsi "Sinkronkan sekarang" terlebih dahulu sob (2), sehingga data-data yang terkait di akun tersebut nantinya bisa digunakan kembali di lain waktu. Setelah sinkron, silakan pilih opsi "Hapus akun" (3).

    Hapus akun

  4. Akan muncul peringatan yang menyatakan bahwa menghapus akun ini akan menghapus semua pesan, kontak, dan data lain dari ponsel. Tidak perlu khawatir sob, data-data tersebut sudah sinkron dengan data di Google, jadi hanya data di ponsel yang terhapus, data di akun tersebut tetap tersimpan aman di Google. Pilih "Hapus akun" untuk menghapus akun sekaligus logout dari Gmail. Beres sudah.

Iya, menghapus akun Google sekaligus keluar dari Gmail (dan juga layanan Google lainnya) di ponsel Xiaomi berbasis MIUI sebenarnya mudah dilakukan. Meski demikian, pembaruan MIUI terkadang menyebabkan pindahnya posisi menu dan opsi di laman Setelan, yang berakibat pada bingungnya kita sebagai pengguna. Semoga saja ke depannya Xiaomi lebih memperhatikan hal itu tidak melakukan perubahan yang bikin pusing penggunanya. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×