15 Maret 2019

Menghilangkan Notifikasi Updates Available di Microsoft Office Windows

Ditulis oleh pada 15.3.19

Punya Office versi lawas dan minta upgrade/update melulu? Lanjut bacanya sob. Sebenarnya update software atau aplikasi itu (termasuk Office) sangat dianjurkan, namun ada kalanya kita sebagai pengguna belum siap untuk melakukannya. Banyak sekali faktornya, yang paling umum adalah karena memang tidak ada masalah sama sekali pada Office versi lama, atau kita belum memerlukan fitur baru yang ditawarkan Office versi teranyar.

Cara Menghilangkan Notifikasi Updates Available Office Word

Apapun alasannya, munculnya notifikasi update Office (iya, yang warna kuning pudar itu) tak jarang mengganggu kenyamanan kita dalam berproduktivitas. Sudah ditutup, di lain waktu datang kembali. Ditambah lagi ketika kita sudah melakukan update, notifikasi tersebut tidak kunjung pergi dan selalu muncul kembali saat kita memulai menjalankan Office. Contohnya seperti ini sob.

Office Word 2016 notifikasi update

Awalnya saya mencoba menonaktifkan update Office melalui Account → Office Update, namun notifikasi tetap muncul. Setelah berkunjung ke beberapa forum internet, akhirnya saya menemukan cara manjur untuk menghilangkan notifikasi update Office tersebut. Penasaran? Lanjut lagi bacanya sob.

Dalam bahasan ini, saya menggunakan Office 2016 di Windows 10, bila versi Office atau Windows Anda berbeda, silakan disesuaikan sendiri (cari key yang sekiranya mirip-mirip 😜).

Cara Menghilangkan Notifikasi Updates Available di Microsoft Office

Tutup Office Anda, buka Registry Editor melalui Win + R → ketik regedit → klik OK. Selanjutnya cari key berikut.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Office\ClickToRun\Updates
atau
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Office\15.0\ClickToRun\Updates

Temukan dan klik ganda UpdatesBlockedTime di kolom kanan Registry Editor → Ganti isian di kotak "Value" menjadi 0 → klik OK.

Registry Editor Windows 10

Tutup Registry Editor dan jalankan Office Anda, Word misalnya, untuk memastikan ketidakmunculan notifikasi update Office tersebut.

Setelah melakukan cara di atas, hampir bisa dipastikan bahwa notifikasi update available di Word, Excel, PowerPoint, dkk tidak akan muncul kembali. Meski demikian, update software apapun itu memang direkomendasikan sob, agar senantiasa aman dan bebas bug. Namun pilihan tetaplah di tangan kita sebagai pengguna. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×