10 Agustus 2018

PUBG Mobile Lite: Lebih Ringan, Cepat, dan Cocok untuk Android Jadul

Ditulis oleh pada 10.8.18
Tidak hanya aplikasi, developer game Android kini juga mulai mengadopsi istilah "Lite" untuk menyebut versi ringan dari game besutan mereka. Seperti yang dilakukan Tencent Games baru-baru ini dengan merilis PUBG Mobile Lite. Benar sekali sob, PUBG Mobile Lite adalah versi ringan dari game PUBG Mobile yang kite kenal selama ini. Ringan bagaimana?

PUBG Mobile Lite

Bila PUBG Mobile versi reguler membutuhkan setidaknya RAM 2GB dan Android 4.3 Jelly Bean, versi lite-nya hanya meminta RAM sekitar 1GB - 1,5GB saja dan bisa dimainkan pada Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas. Hape jadul dengan Android ICS bisa main PUBG? Iya, yang penting punya RAM minimal 1GB sob.

Hal tersebut berkebalikan dengan game Fortnite Mobile, yang saat ini hanya bisa dimainkan pada ponsel Android kelas atas saja (dengan RAM minimal 3GB). Mengenai Fortnite kemungkinan akan dibahas pada artikel terpisah.

Selain kebutuhan RAM dan versi Android, apa bedanya PUBG Mobile biasa dengan versi lite? Secara umum gameplay PUBG Mobile Lite tiada berbeda dengan versi reguler, namun agar proses rendering gambarnya lebih ringan, jumlah pemain PUBG Mobile Lite dibatasi 40 orang saja dalam tiap permainan.

Di samping itu, ukuran peta atau map yang disajikan juga lebih kecil (2x2 km) dari biasanya sob (8x8 km), sehingga selain jauh lebih cepat dimuat, durasi permainan di PUBG Mobile Lite disinyalir juga akan lebih singkat pula (cocok buat yang ingin main PUBG di sela kesibukan).

PUBG Mobile Lite gameplay

Lalu bagaimana dengan kualitas gambarnya? Meski judulnya versi ringan, PUBG Mobile Lite juga mengggunakan mesin Unreal Engine 4, sama seperti saudaranya sob. Jadi masalah grafis tidak perlu diragukan lagi, tidak kalah jauh dari PUBG Mobile reguler lah pokoknya (agak pecah-pecah sedikit sih, tapi wajarlah namanya juga versi lite 😄).

Nah, buat kalian yang sampai saat ini punya hape yang tidak bisa dipasangi PUBG Mobile, inilah saat yang tepat untuk mencoba PUBG Mobile Lite. Memang sudah dirilis? Nah itu masalahnya sob. Saat artikel ini diketik, PUBG Mobile Lite masih dalam masa percobaan di Filipina (soft-launch istilahnya), dan ketika saya coba pasang di Android jadul saya dan login sebagai Guest (serta Facebook), muncul pesan "Server did not respond. Please return to the login page and try again."

Kemudian saya coba login lewat Google Play Games dan langsung muncul pesan "Network or account error. Please logging into Google Play before trying again". Simpulannya, PUBG Mobile Lite belum bisa dimainkan di Indonesia sob, setidaknya untuk saat ini. Jadi untuk sementara kita tunggu saja update selanjutnya. Bila kalian penasaran, cek link di bawah ini untuk mengunduh PUBG Mobile Lite sekarang juga (dan gunakan aplikasi VPN Android yang memiliki opsi negara Filipinia). Selamat mencoba 😊

Download PUBG Mobile Lite APK via Play Store

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×