05 Juli 2018

Mencegah Anggota Grup Mengirim Pesan ke Grup WhatsApp

Ditulis oleh pada 5.7.18
Rupanya WhatsApp mulai memperhatikan nasib admin di dalam sebuah grup. Dulu, dulu sekali, admin WA hanya berwenang untuk memasukkeluarkan anggota grup saja, tidak lebih sob. Kan admin bisa menentukan foto atau nama grup? Semua anggota grup juga bisa melakukan itu, dulu.

Cara agar anggota grup tidak bisa kirim pesan ke grup WhatsApp

Namun semua itu berubah sejak WhatsApp merilis update 2.18.132, di mana update tersebut membawa peran baru bagi admin WA. Tidak sekedar penjaga pintu grup, mulai saat itu admin WA bisa membatasi siapa saja yang berhak mengganti nama, foto, dan deskripsi grup (jadi sedikit punya wibawa lah si admin 😄).

Tidak berhenti sampai di situ sob. Belum lama ini WhatsApp menambahkan fitur baru untuk grup WA. Sebuah fitur yang bisa mencegah anggota grup mengirim pesan ke grup. Loh?! terus buat apa grupnya kalau tidak bisa dikirimi pesan? Begini sob, bila opsi tersebut diaktifkan, maka hanya admin yang bisa mengirim pesan ke grup, akan terasa berguna saat ada event khusus (pengumuman penting misalnya) yang tidak boleh disela oleh pesan atau komentar anggota grup lainnya.

Selain itu, fitur itu juga bermanfaat untuk kalian yang ingin membuat semacam "channel" seperti di Telegram, tapi lebih luwes, karena WA memiliki opsi untuk menentukan siapa saja yang boleh berkirim pesan (sebenarnya bukan "siapa saja", pilihannya hanya dua sob, admin atau semua anggota grup).

Sebagai contoh, WhatsApp menyebutkan bahwa fitur tersebut cocok diterapkan pada grup orang tua murid dan guru, atau bisa juga grup guru dan murid-muridnya, sehingga lebih mudah untuk menyuruh mereka diam (😅) saat guru memberi penjelasan atau info penting lainnya.

PENTING BANGET : Fitur ini hanya tersedia untuk admin grup WA. Jika admin di grup Anda kurang update, langsung suruh baca artikel ini sob.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, silakan tuju laman info grup - Setelan grup - Kirim pesan - pilih "Hanya admin".

Hanya admin yang dapat mengirim pesan WhatsApp

Setelah “Hanya admin” dipilih, seluruh anggota grup tidak akan dapat mengirim pesan ke grup tersebut. Bagian yang semula digunakan untuk mengetik pesan akan berubah menjadi notifikasi yang menyatakan bahwa hanya admin yang bisa mengirim pesan (ketuk notif tersebut untuk mengirim pesan pribadi ke admin).

Fitur kirim pesan hanya admin WA

Bila dirasa sudah cukup (pengumuman sudah diumumkan, penjelasan telah dijelaskan), kita sebagai admin bisa mengembalikan lagi pengaturan "Kirim pesan" ke "Semua peserta" agar semua anggota grup bisa berkirim pesan ke grup WA seperti sedia kala. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×