03 Oktober 2018

Cara Download dan Main Fortnite di Android [Pocophone F1]

Ditulis oleh pada 3.10.18
Apa itu Fortnite? Boleh dibilang Fortnite adalah salah satu game yang mirip PUBG dari segi genre (sama-sama "battle royale") dengan tambahan mekanisme membangun "bangunan" (benteng pertahanan). Awalnya Fortnite hanya bisa dimainkan di Windows sob, namun setelah mendapatkan sambutan yang meriah dari para gamer, pihak Epic Games (selaku pengembangnya) akhirnya memperluas ketersediaan Fortnite di berbagai platform populer.

Download Fortnite APK Android

Iya, selain Windows, Fortnite kini juga bisa dimainkan di macOS, Playstation 4, Xbox One, Nintendo Switch, iOS, dan tentu saja Android. Sayangnya, Epic Games memutuskan untuk tidak merilis Fortnite lewat Google Play Store karena ogah terkena potongan pendapatan. Potongan bagaimana?

Begini sob, pendapatan yang diperoleh suatu game (lewat in-app purchases) akan dipotong 30% bila didistribusikan lewat Google Play Store. Nah, untuk menghindari potongan tersebut, untuk saat ini Fortnite untuk Android hanya bisa diunduh lewat situs resminya. Lalu di mana dan bagaimana cara mengunduh Fortnite APK?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa Fortnite bukanlah game ringan sob, jadi pastikan ponsel Android Anda telah memenuhi spesifikasi minimum berikut ini:

Fortnite Android System Requirements

  • OS: Android 5.0 Lollipop, 64bit.
  • RAM: 3Gb
  • CPU: Qualcomm Snapdragon 820, Exynos 8895
  • GPU: Adreno 530, Mali-G71 MP20, Mali-G72 MP12


Daftar Smartphone Android yang Bisa Memainkan Fortnite Beta


Berdasarkan spesifikasi di atas, setidaknya kita membutuhkan Samsung Galaxy S7 atau Google Pixel untuk memainkan Fortnite Android. Lebih lengkapnya, inilah daftar smartphone Android yang bisa memainkan Fortnite (versi beta).

  • Samsung Galaxy: S7 / S7 Edge , S8 / S8+, S9 / S9+, Note 8, Note 9, Tab S3, Tab S4
  • Google: Pixel / Pixel XL, Pixel 2 / Pixel 2 XL
  • Asus: ROG Phone, Zenfone 4 Pro, 5Z, V
  • Essential: PH-1
  • Huawei: Honor 10, Honor Play, Mate 10 / Pro, Mate RS, Nova 3, P20 / Pro, V10
  • LG: G5, G6, G7 ThinQ, V20, V30 / V30+
  • Nokia: 8
  • OnePlus: 5 / 5T, 6
  • Razer: Phone
  • Xiaomi: Blackshark, Mi 5 / 5S / 5S Plus, 6 / 6 Plus, Mi 8 / 8 Explorer / 8SE, Mi Mix, Mi Mix 2, Mi Mix 2S, Mi Note 2
  • ZTE: Axon 7 / 7s, Axon M, Nubia / Z17 / Z17s, Nubia Z11
  • HTC: 10, U Ultra, U11/ U11+, U12+
  • Lenovo: Moto Z/Z Droid, Moto Z2 Force
  • Sony: Xperia XZ/Premium, Xzs, XZ1/Compact, XZ2/Premium/Compact, XZ3


Bagaimana bila hape saya tidak ada dalam daftar di atas? Tidak masalah sob, asal spesifikasi minimum yang tadi disebutkan sudah terpenuhi, kita bisa mendaftar sebagai beta tester Fortnite Android. Kenapa harus daftar jadi beta tester segala?

Untuk saat ini, Fortnite untuk Android belum dirilis secara umum, jadi kita membutuhkan undangan dari Epic Games untuk bisa mengunduh dan memainkan Fortnite di Android. Nah, untuk mendapatkan undangan tersebut kita wajib mendaftar sebagai beta tester terlebih dahulu.

UPDATE 12/10/2018: Fortnite untuk Android kini sudah dirilis secara umum sob. Benar, itu artinya kita tidak perlu mendaftar sebagai beta tester untuk memainkan Fortnite; undangan pun sudah tidak diperlukan lagi. Oleh karena itu, langsung saja buka alamat fortnite.com/android melalui browser ponsel Anda untuk mengunduh Fortnite installer.


Cara Mendaftar Sebagai Beta Tester Fortnite


Cara daftar beta tester Fortnite tidaklah semudah yang saya bayangkan sebelumnya sob. Sebenarnya tidak susah, namun tahapnya lumayan panjang 😁. Siapkan koneksi internet yang cepat dan stabil (wajib), secangkir kopi atau air mineral, serta sejumlah camilan bila perlu, kemudian ikuti langkah mudah di bawah ini.

  1. Hati-hati. Di internet banyak sekali beredar APK palsu dari Fortnite yang mungkin bisa membahayakan keamanan ponsel Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya mengunduh Fortnite dari situs resminya. Di mana?

  2. Silakan tuju www.epicgames.com/fortnite/android kemudian lakukan alur pendaftaran beta tester Fortnite sesuai instruksi yang muncul di layar.

    Daftar akun Epic Games Fortnite

  3. Langsung login saja bila sudah memiliki akun Epic Games, atau buat akun baru bila belum punya.

  4. Di laman selanjutnya silakan pilih tipe ponsel Android yang Anda miliki.

  5. Buat Anda yang memiliki ponsel Android berspesifikasi tinggi namun tidak ada dalam daftar di atas, berikut ini adalah langkah yang paling penting sob, jadi harap diperhatikan baik-baik.

    Daftar smartphone Android yang support Fortnite

  6. Sebagai contoh, Pocophone F1 memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari spesifikasi minimal yang dibutuhkan Fortnite, tapi tidak tercantum dalam daftar smartphone di atas. Solusinya, kita bisa memilih salah satu smartphone yang spesifikasinya mendekati Pocophone F1, dalam hal ini saya memilih "Mi 8 / 8 Explorer". JANGAN memilih "Other Android Device" bila Anda ingin segera mendapatkan email undangan dari Fortnite.

  7. Selanjutnya kita tinggal menunggu email undangan dari Epic Games yang berisi link untuk mengunduh APK resmi dari Fortnite. Berapa lama?

  8. Tidak sampai dua hari sob, email undangan tersebut sudah saya terima. Bila dalam dua hari Anda belum menerima email, harap bersabar, waktu pengiriman mungkin bervariasi sesuai ketamvanan.


Cara Install Fortnite Mobile di Android

  1. Di dalam email tersebut terdapat link download dari Fortnite installer. Kunjungi link tersebut untuk mengunduhnya. Langsung download lewat fortnite.com/android, undangan sudah tidak diperlukan lagi.

    Email invite download Fortnite installer APK Android

  2. Pasang Fortnite installer APK seperti biasa (izinkan semua perizinan yang diminta) lalu jalankan.

  3. Izinkan Fortnite installer untuk mengakses media Anda dan proses download Fortnite APK akan berjalan secara otomatis.

    Update Fortnite APK Android

  4. Setelah proses download beres, pemasangan Fortnite APK juga akan berjalan otomatis. Jika Anda menggunakan Android Oreo ke atas, jangan lupa untuk mengizinkan Fortnite installer memasang APK dari luar Play Store (Allow from this source).

  5. Selanjutnya ketuk tombol "Launch" untuk menjalankan Fortnite melalui Fortnite installer. Langsung bisa main kah?

  6. Belum sob, kita masih diharuskan mengunduh file sekitar 2Gb lagi sebelum memasuki dunia Fortnite.

    Ukuran file Fortnite Android

  7. Saat unduhan 2Gb tadi selesai, tunggu beberapa saat sampai proses pemasangan rampung, lalu masuk dengan akun Epic Games Anda (akun yang sama saat mendaftar jadi beta tester - atau buat akun baru). Jadi langsung bisa main kan?

    Fortnite Lobby

  8. Benar sob, sesudah berhasil login dan masuk ke lobi, silakan pilih mode permainan dan ketuk tombol "Play" untuk memulai permainan. Selamat bermain Fortnite di Android 😊


Kesan Pertama Mencoba Fortnite di Pocophone F1


Saat pertama kali masuk ke Fortnite Android, tampilannya tidak jauh beda dengan Fortnite versi PC. Pengaturannya pun hampir plek ketiplek, bahkan ada beberapa keterangan yang seharusnya ditujukan untuk pemain PC muncul juga di Android (wajarlah, namanya masih versi beta).

Dalam percobaan yang saya lakukan, Fortnite Android ternyata lancar dimainkan di Pocophone F1 dengan pengaturan grafis mentok kanan alias "Epic" (default-nya memang seperti itu). Meski demikian, framerate-nya masih sebatas 30 FPS saja sob, belum bisa tembus 60 - 120 FPS seperti di PC.

Fortnite Android Victory Royale

Sebagaimana game adaptasi dari PC lainnya, Fortnite Mobile bisa dibilang (relatif) lebih mudah dimainkan daripada versi PC-nya. Kok bisa begitu? Ya karena pengendalian game di layar sentuh memang tidak semudah pengendalian game lewat kayboard + mouse, sehingga wajar bila versi mobile dari Fortnite memang sengaja dibuat "lebih mudah" dimainkan.

Misalnya saja ada opsi untuk menembak secara otomatis (Auto fire - seperti Dead Trigger 2 atau Modern Combat 5), jadi kita cukup membidik saja dan peluru akan langsung meluncur menuju sasaran (bisa dimatikan bila Anda menginginkannya). Membuka pintu dan mengambil item juga terjadi secara otomatis sob, berbeda dengan versi PC yang wajib tekan (terkadang perlu ditahan) tombol F di keyboard.

___________


Begitulah cara download dan main game Fortnite di Android yang lumayan ribet. Seandainya Epic Games merilis Fortnite lewat Play Store, bisa dipastikan proses instalasinya akan jauh lebih mudah dan cepat sob. Selain itu, kebutuhan spesifikasi yang terlalu tinggi disinyalir bisa menyebabkan Fortnite Mobile sulit untuk berkembang. Ya semoga saja nanti Fortnite for Android lebih dioptimalkan lagi sehingga bisa dimainkan juga di hape-hape kentang, atau mungkin bakalan ada Fortnite Lite? Kita tunggu saja kabar selanjutnya 😉

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×