30 Agustus 2018

Pasang POCO Launcher di Android Apa Saja

Ditulis oleh pada 30.8.18
Pocophone F1 adalah ponsel dari Xiaomi yang mencoba membuat anomali dalam dunia perponselan. Bagaimana tidak, dengan harga yang miring, Pocophone menawarkan performa yang sekelas dengan ponsel flagship.

POCO Launcher

Begini, bila umumnya ponsel flagship macam Galaxy seri S atau Note dihargai sekitar 10 juta rupiah, Pocophone F1 hanya dilepas dengan harga setengahnya sob. Bagaimana bisa begitu? Sederhananya, Pocophone memangkas fitur-fitur yang (dirasa) tidak penting untuk memaksimalkan satu hal yang dirasa paling penting, yaitu performa.

Iya, Pocophone F1 sejatinya bukanlah ponsel flagship, jadi jangan mengharapkan body aluminium, kaca, atau pun keramik. Walau demikian, dibalik body-nya yang hanya terbuat dari polycarbonate (bisa disebut plastik), terdapat prosesor Snapdragon 845 dan GPU Adreno 630, yang mana banyak dipakai ponsel flagship yang beredar saat ini. Nah, itulah kenapa Pocophone F1 disebut memiliki performa sekelas ponsel flagship sob.

Bagaimana dengan OS-nya? Karena merupakan sub-brand dari Xiaomi, Pocophone F1 juga menggunakan Android dengan antarmuka MIUI for Poco. Apa bedanya dengan MIUI pada umumnya? Yang paling kentara adalah launchernya sob. Berbeda dengan launcher bawaan MIUI yang selama ini kita kenal, POCO Launcher sudah dilengkapi dengan laci aplikasi atau app drawer (yang bisa dibuka dengan swipe ke atas saat di homescreen).

Pocophone F1 Launcher download

Selain itu, kita tidak perlu lagi mengatur aplikasi sesuai kategorinya, karena POCO Launcher sudah mengelompokkannya secara otomatis ke dalam tab-tab khusus (bisa dimatikan di "pengaturan"). Bila ingin lebih cepat, kita juga bisa melakukan pencarian aplikasi lewat bilah pencarian yang tersedia di app drawer. Oiya, aplikasi yang sering kita buka juga akan muncul di deretan paling atas app drawer POCO Launcher.

Ganti icon di Pocophone Launcher
Bisa pakai icon pack.

Secara tampilan dan fitur, POCO Launcher bisa dibilang sebagai gabungan dari Pixel (Now) Launcher dan MIUI Launcher, sehingga bila Anda mencari launcher Android yang simpel namun memiliki fitur yang lumayan lengkap, POCO Launcher layak untuk dicoba sob. Di sisi lain, melalui POCO Launcher setidaknya kita bisa memiliki gambaran tentang bagaimana antar muka Pocophone F1 di ponsel yang kita pegang saat ini, sehingga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk meminangnya (ganti atau tambah hape baru). Selamat mencoba 😊

Download POCO Launcher APK | Play Store (minimal Android 5.0 Lollipop)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×