22 Maret 2018

Menambahkan Hashtag dan Profile Link di Bio Instagram

Ditulis oleh pada 22.3.18

Sebelumnya kita hanya bisa membubuhkan teks, emoji, dan link (web, blog) di bio Instagram. Mulai hari ini, semua pengguna Instagram bisa menambahkan hashtag (#) dan profile link (@) di bionya masing-masing (Mirip apa coba? Benar sekali, mirip Twitter sob).

Menambahkan Hashtag dan Profile Link di Bio Instagram

Apa gunanya pasang hashtag di bio? Berdasarkan rilis pers resmi Instagram, hashtag atau tagar di bio berguna untuk mengekspresikan diri dan minat kita, sehingga pengguna IG lain tahu apa saja yang kita minati melalui tagar yang terpampang di bio. Misalnya saja #game #android #mobilelegends bisa mewakili kegemaran Anda bermain game Mobile Legends di platform Android.

Lalu bagaimana dengan profile link? Tak ubahnya menyebut (mention) teman kita sob, jadi kita bisa menambahkan link profile pengguna IG lain di bio kita sebagai wujud betapa perhatiannya kita padanya (halah).

Siapa saja yang bisa disebut di bio? Siapapun bisa kita sebut di bio sob kecuali mantan. Dia yang kita sebut akan mendapatkan notifikasi dan opsi untuk menghapus link tersebut dari bio kita. Bila si dia memilih untuk menghapus link profile nya, namanya akan tetap tertulis di bio kita sebagai teks saja (bukan link).

Terus bagaimana caranya? Mudah sekali sob. Layaknya mengetik hashtag dan mention teman di (caption atau komentar) Instagram pada umumnya. Cukup ketik # diikuti kata yang dikendaki, dan ketik @ diikuti nama pengguna yang diinginkan. Kurang jelas? Ikuti cara berikut.

Cara Pasang Hashtag dan Mention Teman di Bio Instagram

  1. Update aplikasi Instagram Anda ke versi terbaru lalu jalankan.
  2. Masuk ke laman profil → ketuk tombol Edit ProfilBio.
  3. Nah, di sana Anda bisa menambahkan hashtag atau link ke profile teman sesuka hati dengan mengetik # atau @ diikuti beberapa huruf awal tagar/nama, yang akan memicu munculnya rekomendasi di bawahnya.
    Tagar dan Mention di profil IG
  4. Pilih rekomendasi yang sesuai atau terus mengetik sampai habis, suka-sukalah pokoknya sob 😀
  5. Jangan lupa mengetuk tanda centang untuk menyimpan bio Anda.
  6. Beres sudah sob, silakan cek bio baru Anda melalui laman profil Instagram. Di sana kita bisa melihat hashtag (#memudahkan) serta username (@ardhiansyam) yang berwarna biru, sebagai pembeda antara link dengan teks biasa.
    Profil Bio Memudahkan dan Padi di IG
  7. Oiya, profil band Padi di atas merupakan salah satu contoh penerapan profile link yang mengarah ke masing-masing akun personilnya.

Selain perwujudan ekspresi diri, adanya tagar dan link profil di bio juga bisa memudahkan kita untuk memantau perkembangan suatu topik atau mengunjungi profil gebetan pengguna IG favorit; langsung dari laman profil kita, jalan pintas lah istilahnya sob. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×