12 Oktober 2017

Cara Registrasi Nomor Kartu Prabayar dengan KTP dan KK Terbaru

Ditulis oleh pada 12.10.17
Baca-baca siaran pers Kementerian Kominfo, mulai akhir Oktober tahun ini kita diwajibkan untuk melakukan registrasi nomor ponsel prabayar menggunakan nomor KTP dan KK. Iya, selain untuk menghindari penyalahgunaan kartu prabayar, registrasi tersebut juga memiliki tujuan efisiensi industri sob (mencegah praktik beli - pakai - buang kartu).

Cara Registrasi SIM Card Prabayar


Mulai kapan registrasi nomor hp prabayar diberlakukan dan kapan batas waktunya?


Registrasi bisa dilakukan mulai 31 Oktober 2017 dan paling lambat 28 Februari 2018. Berarti setelah itu ga bisa registrasi kartu lagi? Bisa sob, tapi khusus untuk kartu perdana baru, sedangkan kartu lama (kartu yang telah aktif sebelum 31 Oktober) wajib registrasi ulang sebelum 28 Februari 2018 agar bisa terus digunakan.


Bagaimana cara registrasi kartu perdana prabayar dengan KTP dan KK untuk pengguna baru?


Caranya mudah sekali sob, cukup kirim SMS ke 4444 dengan format berikut ini:

NIK#NomorKK#


Bagaimana dengan pengguna kartu lama, wajib registrasi juga?


Benar sob, cara registrasi pelanggan kartu lama tidak jauh beda dengan kartu baru, cukup tambah kata "ULANG" di depannya.

ULANG#NIK#NomorKK#


KETERANGAN: NIK adalah Nomor Induk Kependudukan yang tertera pada KTP elektronik, terdiri dari 16 digit. Nomor KK adalah nomor yang tertera pada Kartu Keluarga yang jumlahnya juga 16 digit. Pastikan kedua macam nomor tersebut sesuai dengan data diri Anda dan sudah terdaftar di Dukcapil. Info lanjutannya bisa dicek di situs web Kominfo atau infografis berikut ini.

Registrasi nomor prabayar Kominfo


Apakah cara di atas berlaku untuk semua operator?


Umumnya begitu sob, hampir semua operator (Indosat, Smartfren, dan Tri) menggunakan format registrasi yang sama dengan format yang dikampanyekan Kominfo. Meski demikian ada beberapa operator yang menetapkan format yang sedikit berbeda.

Misalnya Telkomsel (Kartu As dan Simpati):

REG(spasi)NIK#NomorKK#
ULANG(spasi)NIK#NomorKK#

Selain itu, XL Axiata juga beda formatnya:

DAFTAR#NIK#NomorKK
ULANG#NIK#NomorKK

Informasi mengenai perbedaan format registrasi tersebut akan senantiasa diupdate sesuai perkembangan terbaru. Pantau terus blog Memudahkan untuk info terbaru selanjutnya.

UPDATE 31/10/2017: Selain lewat SMS, registrasi kartu prabayar juga bisa dilakukan melalui website masing-masing operator. Caranya bisa disimak pada artikel Registrasi Nomor Kartu Prabayar Melalui Internet [Semua Operator].


Saya belum punya KTP, apakah bisa registrasi SIM card prabayar?


Bisa sob, selain tercetak di KTP, NIK juga bisa ditemukan di Kartu keluarga (cek infografis di atas untuk mengetahui letak NIK di Kartu Keluarga). Jadi tanpa KTP pun sebenarnya kita bisa melakukan registrasi kartu.


Apa akibatnya bila kita tidak melakukan registrasi nomor kartu prabayar?


Untuk kartu perdana tentu saja tidak bisa digunakan sob. Untuk kartu lama yang tidak didaftarkan ulang akan berdampak pada pemblokiran secara bertahap (ada masa tenggangnya, nomor tidak bisa digunakan kecuali untuk keperluan registrasi).


Satu orang bisa registrasi berapa nomor?


Satu pengguna bisa melakukan registrasi sampai 3 nomor kartu prabayar (satu identitas tiga nomor). Untuk nomor ke-4 dan seterusnya bisa diurus melalui gerai masing-masing operator.

Nah, berhubung proses registrasi nomor hape prabayar bisa beres lewat SMS, ada baiknya mulai saat ini kita menjaga baik-baik kerahasiaan nomor KTP dan nomor KK kita sob, karena bisa saja nomor-nomor tersebut dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memalsukan identitas kita, mengerikan bukan?

Lalu bagaimana bila foto kopi KTP dan KK kita sudah tersebar ke mana-mana? Tidak sedikit lembaga atau instansi yang mewajibkan pendaftar untuk menyertakan kopian kartu kependudukan tersebut, jadi ya lumayan repot memang kalau syaratnya cuma SMS nomor terus kelar, kurang aman tentunya sob. Mungkin ke depannya kita akan diwajibkan untuk mendatangi gerai operator atau tempat yang sudah ditunjuk untuk melakukan registrasi kartu secara langsung. Semoga saja begitu.

Selamat mencoba dan tetap waspada 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×