29 April 2017

Menyematkan Chat WhatsApp Penting di Urutan Paling Atas

Ditulis oleh pada 29.4.17

Semakin hari fitur WhatsApp semakin bertambah saja sob. Apakah berbanding lurus dengan ukurannya? Wajarnya begitu, namun sepertinya tidak begitu signifikan. Ya semoga saja aplikasi WhatsApp tidak bertambah berat seiring bertambahnya fitur.

PIN chat WA di urutan paling atas

Ok, sesuai judul, kali ini Memudahkan akan membahas salah satu fitur baru WA yang disebut "Pin Chats". Sesuai sebutannya, fitur tersebut berguna untuk menyematkan percakapan (chat) WA di urutan paling atas. Iya, meskipun ada pesan baru masuk, percakapan yang disematkan akan tetap berada di urutan paling atas sob. Biar lebih jelas, simak screenshot berikut.

Chats WhatsApp selalu di atas

Iya, fitur tersebut sangat berguna bila kita ingin menyematkan percakapan penting WhatsApp agar tidak tenggelam ke dasar laman akibat banyaknya pesan baru yang masuk dari percakapan lain.

Baca juga: Menandai Pesan Penting WhatsApp dengan Fitur Star

Nah, lalu bagaimana cara menyematkan (pin) chat WhatsApp di urutan paling atas? Mudah sekali sob. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menyematkan Chat WhatsApp di Urutan Paling Atas

Untuk saat ini, fitur "Pin chat" masih diuji coba di aplikasi WhatsApp versi beta (mulai versi 2.17.162).

Pilih percakapan pribadi atau grup yang akan disematkan dengan cara tekan dan tahan. Kemudian tekan ikon "pin". Beres sudah (akan muncul pesan "Chat disematkan" dan chat akan langsung pindah ke urutan paling atas).

Chat disematkan

Tidak hanya satu sob, kita bisa menyematkan maksimal 3 percakapan di aplikasi WhatsApp (bisa satu per satu, atau langsung 2 atau 3 percakapan sekaligus). Caranya tidak jauh beda dengan cara di atas.

Bila kita menyematkan chat satu per satu, chat yang terakhir disematkan akan berada di urutan paling atas, disusul chat yang sebelumnya disematkan dan chat yang tidak disematkan.

Kalau kita menyematkan beberapa chat sekaligus, chat yang dipilih paling akhir akan berada di urutan paling atas. UPDATE 17/07/2017: Seiring update terbaru, urutan penyematan yang sudah diulas pada 2 paragraf di atas (termasuk paragraf ini) tidak lagi mengikat sob, mungkin random, CMIIW.

Menyematkan banyak chat WA

Bagaimana kalau kita memilih lebih dari 3 chat untuk disematkan? Tidak bisa sob (akan muncul pesan "Anda hanya dapat menyematkan hingga 3 chat", cek screenshot di atas).

Kapan fitur Pin Chats dirilis untuk WhatsApp versi Play Store? Kemungkinan tidak lama lagi sob, pantau terus blog Memudahkan untuk update selanjutnya. Sementara ini silakan coba versi beta dulu 😉

UPDATE 21/06/2017: Fitur "Pin chat" kini sudah dirilis untuk WhatsApp Android versi final dan bisa diunduh/diupdate langsung dari Play Store.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×