03 November 2015

Menandai Pesan Penting WhatsApp dengan Fitur Star

Diakui atau tidak, WhatsApp kini mulai (sudah) menggeser fungsi SMS. Bisa dikatakan, tiada hari tanpa mengirim atau menerima pesan WhatsAapp. Tak hanya sekedar pesan biasa, seringkali kita menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan yang dianggap penting, seperti undangan, jadwal pertemuan/rapat, alamat, nomor telepon, nomor rekening, dan lain sebagainya.

Pesan penting di WhatsApp? Bintangin aja!

Untuk pesan antar individu (apalagi kalau kurang akrab, jumlah pesannya sedikit), mencari pesan penting pada laman obrolan WhatsApp tidaklah sulit. Masalahnya, untuk orang-orang tertentu (teman dekat misalnya), seringkali pesan yang kita anggap penting ternyata sudah lenyap begitu saja, tertimbun pesan-pesan baru. Begitu pula di grup WhatsApp yang ramainya tak tertolong, susah sekali menemukan pesan penting di antara banyaknya pesan yang masuk.

Kan bisa dicari lewat fitur search? Iya sob, bila kita ingat kata kunci yang berkaitan dengan pesan tersebut, maka tak masalah menggunakan fitur search di WhatsApp. Bagaimana kalau kita lupa sama sekali, atau mencari foto/audio/video yang tidak dilengkapi caption? Susah juga ya.

Nah, untuk mengatasi masalah itu, baru-baru ini WhatsApp merilis fitur baru yang disebut Star. Seperti namanya, fitur Star berguna untuk "membintangi" pesan WhatsApp yang kita anggap penting/menjadi favorit kita. Benar sob, fitur Star di WhatsApp ini mirip dengan fitur serupa yang ada di Gmail. Gunanya pun juga sama, menandai pesan-pesan tertentu agar mudah ditemukan kembali.

Bagaimana cara menandai pesan penting di WhatsApp dengan fitur star? Mudah sob, cukup tekan tahan satu atau beberapa pesan yang akan ditandai dan tekan ikon bintang.

cara menandai pesan penting di WhatsApp dengan fitur star

Bila berubah pikiran, tekan tahan lagi pesan tersebut, lalu tekan ikon bintang (dicoret) untuk batal menandai (menghilangkan bintang).

Nah, supaya mudah ditemukan, semua pesan yang Anda bintangi akan dikumpulkan di satu laman yang bisa diakses melalui tab Chats > menu > Starred messages. Di laman tersebut, pesan yang telah ditandai akan diurutkan berdasarkan waktu kirimnya (bukan waktu kapan "dibintangi").

Starred messages

Bila kita memilih salah satu pesan di laman Starred messages, kita akan dibawa ke posisi asli pesan tersebut di laman obrolan WhatsApp, sehingga memudahkan kita untuk mengetahui konteksnya.

Saat artikel ini diterbitkan, fitur Star hanya bisa dinikmati melalui aplikasi WhatsApp Android versi 2.12.338 (atau yang lebih baru) yang bisa diunduh melalui situs resmi WhatsApp. Seperti biasanya, setelah lulus dari tahap uji coba di versi beta, fitur baru tersebut pastinya juga akan segera tersedia di aplikasi WhatsApp Android versi Play Store. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×