08 Januari 2017

Cara Menghubungkan Stick PS2 ke Android Tanpa ROOT, Tanpa Aplikasi

Sudah tahun baru ya? 😀 Iya, ini adalah artikel pertama blog Memudahkan di tahun 2017 ini. Mari kita mulai lagi 😊. Sesuai judul artikel, kali ini kita akan membahas cara menghubungkan stick PS2 ke Android sob, tanpa root, dan juga tanpa aplikasi apa pun.

Main Game Android Pakai Stick PS2

Memang bisa ya, beneran tanpa ROOT? Begini, sebelum melangkah lebih jauh harap diperhatikan bahwa TIDAK SEMUA Android bisa mengenali stick PS2 tanpa root. Hanya perangkat Android yang memiliki dukungan penuh terhadap fitur USB OTG (termasuk driver khusus yang berguna untuk mengenali gamepad melalui USB) yang bisa digunakan untuk tutorial ini.

Perangkat Android apa saja yang support stick PS2? Terus terang saya tidak memiliki data yang lengkap mengenai hal tersebut (dalam tutorial ini, saya menggunakan Galaxy Tab 3 10.1). Meski demikian, Anda bisa membaca daftar ponsel dan tablet Android yang sudah support USB OTG.

PERHATIAN: Tidak semua Android yang support USB OTG bisa langsung digunakan dengan stick PS2 atau stick USB lainnya. Beberapa di antaranya butuh akses ROOT, ada pula yang wajib ganti kernel yang support gamepad (Redmi Note 3 Pro misalnya). Salah siapa? Tidak ada yang salah sob, pada dasarnya memang tidak semua vendor atau pabrikan menyertakan driver gamepad pada produk Android mereka.

Lalu bagaimana? Cobain aja sob, bisa tidaknya kita tak akan pernah tahu sebelum mencoba. Ok, bila Anda berniat mencoba main game dengan stick PS2 di Android yang punya fitur USB OTG, silakan siapkan alat dan bahan berikut.
  1. Android yang support USB OTG.
  2. Stick PS2 (Dualshock 2). 
  3. Adapter PS2 ke USB.
  4. Kabel USB OTG.

Ketika semua sudah tersedia, langsung saja hubungkan alat dan bahan di atas satu sama lain sesuai peruntukannya. Lebih jelasnya, tonton video dari channel YouTube Memudahkan berikut ini.

Video Tutorial Nyambung Stick PS2 ke Android




Video di atas adalah bagian pertama dari 2 video. Untuk menonton lanjutannya, silakan cek artikel Main Game PPSSPP, ePSXe, dan Nostalgia.NES Pakai Stick PS2.

Bagaimana sob, mudah sekali kan nyambung stick PS2 ke Android tanpa root dan tanpa aplikasi? Bila belum berhasil dengan tutorial di atas, jangan langsung menyerah sob, mungkin artikel-artikel di bawah ini bisa membantu:


Selamat mencoba, selamat tahun baru 2017, dan semoga berhasil 😉

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×