27 September 2016

Undang Teman Masuk Grup WhatsApp via Invite Link

Bagaimana cara memasukkan teman kita ke grup WhatsApp? Bila grup WA tersebut punya kita sendiri (otomatis kitalah adminnya), menambahkan teman ke grup bisa dilakukan dengan masuk ke info grup > 'Add participant' > pilih satu (atau beberapa) teman dari daftar kontak > beres. Bila kita bukan admin grup WA? Ya langsung minta tolong adminnya saja sob :D

Masuk Grup WhatsApp via Invite Link

Untuk nomor yang sudah ada di daftar kontak WA kita, cara di atas bisa dilakukan dengan cepat tanpa kendala. Nah, kalau nomor tersebut belum ada di kontak, kita biasanya akan menyimpannya terlebih dahulu ke daftar kontak ponsel kita, baru kemudian dimasukkan ke dalam grup. Satu atau dua nomor rasanya tak masalah, namun bagaimana kalau ratusan nomor minta masuk grup, atau ketika kita harus mengundang banyak nomor sekaligus agar grup WA kita ramai (buat jualan online misalnya)?

Nyantai saja sob, aplikasi WhatsApp versi terbaru kini sudah dilengkapi dengan fitur Group invite link; yang bisa digunakan untuk mengundang teman-teman kita untuk masuk grup secara kolektif. Iya, seperti namanya, grup WA kini memiliki link atau tautan yang dapat dibagikan ke banyak orang sekaligus. Bagaimana cara mengundang teman ke grup WhatsApp dengan invite link? Lanjut bacanya sob.


Cara Membuat Link Invite Grup WhatsApp


  1. Update aplikasi WhatsApp Android Anda ke versi terbaru (versi 2.16.280 beta atau yang lebih baru).

  2. Masuk ke info grup lalu pilih ikon tambah kontak (di pojok kanan atas) atau 'Add participant'. Kok ga ada ya min? Hanya admin grup WhatsApp yang bisa menambahkan anggota baru sob.

    Membuat Link Invite Grup WhatsApp

  3. Selanjutnya pilih 'Invite to group via link'.

  4. Di lama 'Invite link' Anda bisa menemukan link dari grup WA yang bersangkutan beserta beberapa pilihan untuk membagikannya. Selain itu, terdapat kode QR dari link tersebut yang biasa diakses melalui menu > 'Print group QR code'.

    Menghapus link grup Whatsapp

  5. Untuk mengundang banyak orang sekaligus ke grup WhatsApp, langsung saja bagikan link atau kode QR tersebut ke media sosial favorit Anda. Sekedar tips, setiap orang bisa menggunakan link tersebut untuk masuk ke grup WA Anda, jadi pastikan Anda membagikannya kepada orang-orang yang terpercaya.

  6. Ketika diklik, link tersebut akan otomatis mengarahkan teman yang Anda undang ke grup WhatsApp yang bersangkutan.

  7. Jika teman yang bergabung sudah lebih dari cukup, pilih opsi 'Revoke link' (di laman 'Invite link') untuk menghapus (fungsi dari) link tersebut, sehingga meskipun diklik, orang tak akan bisa masuk grup lagi.


Nah, bagaimana sob, mudah bukan mengundang teman masuk grup WhatsApp via Invite link? Cara tersebut bisa dikatakan lebih halus daripada cara sebelumnya karena orang yang kita undang memiliki kebebasan untuk bergabung atau tidak bergabung ke grup WA kita.


Selain itu, kita tidak perlu lagi repot-repot memasukkan puluhan atau ratusan nomor ke daftar kontak sebelum menambahkan anggota grup WA baru, cukup sebar link, dan mereka yang berminat akan masuk ke grup secara otomatis. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×