28 Juli 2015

Cara Menambahkan Admin Baru di Grup WhatsApp

Ditulis oleh pada 28.7.15

Pasti sudah pada tahu bahwa selain ngobrol satu lawan satu, kita juga bisa ngobrol dengan banyak orang sekaligus di WhatsApp. Iya, sebutan resminya Chat Grup atau Group Chat (bukan Play Group), tapi lebih sering disebut grup WhatsApp atau grup WA saja.

Menambahkan Admin Baru di Grup WhatsApp

Di dunia WhatsApp, kita bisa menemukan bermacam grup dengan tema dan tujuan yang bervariasi, mulai dari grup alumni sampai grup jual beli. Kalau tak ingin repot-repot mencari (tanya sana-sini), kita juga bisa buat grup WhatsApp sendiri. Bagaimana cara membuat grup baru di WhatsApp? Caranya gampang dan saya anggap sobat Memudahkan sudah pada paham 😁

Apa Gunanya Tambah Admin Grup WhatsApp?

Ketika kita membuat grup WhatsApp, otomatis kitalah yang menjadi admin dari grup tersebut. Sebagai admin, kita bisa menambahkan kontak baru ke dalam grup atau menendang seseorang keluar dari grup. Untuk grup dengan anggota yang tak terlalu banyak dan tidak terlalu aktif (apalagi anggotanya teman-teman sendiri), saya rasa belum perlu menambah admin, cukup kita sendiri yang jadi admin.

Sampai artikel ini diketik, sebuah grup WhatsApp bisa menampung hingga 256 orang. Nah, bila Anda memiliki grup umum (komunitas gadget, kendaraan bermotor, atau jual beli misalnya), yang anggotanya lebih dari cukup untuk keperluan demo (mencapai ratusan orang), berasal dari beragam latar belakang, yang tiap hari ada saja yang minta masuk grup, tak henti didatangi para spammer, anggotanya sering pada salah paham dan berantem 😀, kehadiran admin tambahan tentu sangat dibutuhkan.

Bagaimana cara menambahkan admin baru di grup WhatsApp Android? Mudah saja sob, silakan simak video berikut atau ikuti langkah-langkah di bawahnya.

youtube image

Cara Menjadi Admin di Grup WhatsApp

  1. Pertama, pastikan Anda punya grup WhatsApp.
  2. Selanjutnya masuk grup tersebut lalu ketuk nama grup untuk membuka laman info.
    nama grup wa
  3. Geser laman ke bawah kemudian pilih salah satu nama anggota grup yang akan diangkat jadi admin (di sini saya memilih SK17i).
  4. Pilih "Make group admin" (Jadikan admin grup).
    Jadikan admin grup
  5. Kini anggota grup yang telah Anda pilih tadi sudah jadi admin grup WhatsApp (ada lencana "Group Admin" atau "Admin Grup" di samping kanan namanya).

Mau tambah admin baru lagi? Ulangi langkah-langkah di atas dengan memilih anggota grup yang berbeda.

Berapa jumlah maksimal grup admin WhatsApp? Untuk saat ini, jumlah admin di grup WhatsApp tidak dibatasi (mengikuti jumlah anggota grup), jadi semua anggota grup bisa dijadikan admin 😎

Cara Menghapus Admin Grup WhatsApp

Lebih lanjut, bagaimana cara menghapus admin grup WhatsApp? Silakan cek video di atas sob. Sebagai admin, Anda maupun anggota grup lain yang berpangkat admin bisa menghapus admin lain dengan cara mengeluarkannya dari grup. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengangkat admin, pastikan Anda memilih orang yang bisa dipercaya sebagai admin di grup WhatsApp Anda.

UPDATE 13/01/2018: Mulai versi 2.18.12 beta, kita bisa menurunkan pangkat admin WhatsApp TANPA mengeluarkannya dari grup. Caranya bisa dicek pada screenshot berikut ini:

Admin WA turun pangkat

Pada screenshot tersebut saya mencoba menghapus "Memudahkan" sebagai admin grup WA. Langkahnya hampir sama dengan cara mengangkat admin, namun kali ini opsi "Memberhentikan sebagai admin" atau "Dimiss as admin" yang kita pilih. Selamat mencoba 😊

UPDATE 17/01/2018: Fitur "Dismiss as admin" kembali dinonaktifkan pada pembaruan WA versi 2.18.14 beta. Kemungkinan masih belum stabil sob. Kita tunggu saja update selanjutnya.

UPDATE 21/04/2018: Sekarang fitur "Dismiss as admin" sudah aktif dan bisa digunakan lagi pada aplikasi WhatsApp versi 2.18.120 beta atau yang lebih baru.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×