25 Mei 2016

Cara Mengubah Warna Tema Opera Mini Android

Browser Opera, apapun platformnya, selalu identik dengan warna merah. Bisa dibilang merah adalah identitas resmi bagi Opera. Meski demikian, warna dominan antarmuka versi mobile dari Opera — Opera Mini — bukanlah merah sob, melainkan hitam (serta putih). Baru pada Desember 2015 lalu, address bar Opera Mini untuk Android dipoles dengan warna merah, sisanya dilabur warna abu-abu dan putih.

Tema warna Opera Mini Android

Tak berhenti sampai di situ, pada update terbaru Opera Mini Android beta, terdapat tambahan lima warna baru yang bisa kita pilih sesuai selera (default-nya merah, ditambah hijau, biru, ungu, abu-abu, dan hitam). Tema warna tersebut bisa kita pilih setelah melakukan setup awal Opera Mini beta. Selain itu, kita juga bisa mengubah warna tema Opera Mini melalui Settings > Theme > lalu pilih warna yang tersedia.

Settings > Theme


Bila di versi reguler balutan warna (merah) hanya terlihat di sekitar address bar serta beberapa elemen minor lainnya, di versi beta dari Opera Mini Android cakupan warnanya lebih luas sob, meliputi laman ganti tab (tab switcher), laman data saving, slider night mode, tombol on off, title bar, dan tentu saja address bar. Khusus untuk private mode, tab switcher dan address bar-nya masih tetap berwarna hitam.

Tema baru Opera Mini

Pilihan warna Opera Mini beta tersebut tentunya akan berguna bagi Anda yang bosan dengan warna merah dan ingin ganti suasana. Walau hanya 5 warna, kelimanya sudah cukup mewakili corak material design yang klop dengan tampilan Opera Mini secara keseluruhan. Kalau masih kurang, kemungkinan pada update Opera Mini selanjutnya akan ada tambahan warna lagi, syukur-syukur kalau ada semacam lingkaran color chooser-nya.

UPDATE 22/06/2016: Kini fitur ganti tema warna Opera Mini sudah tersedia pada versi reguler (stable).

Untuk saat ini, belum ada keterangan resmi mengenai ketersediaan tema warna pada versi lain selain Opera Mini beta Android. Bila Anda tertarik mencoba warna-warna baru tersebut, silakan unduh dan pasang Opera Mini beta melalui Google Play Store. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×