04 Juni 2015

Menghemat Kuota Paket Data Internet Android dengan Opera Max

Opera Max sebenarnya bukanlah aplikasi baru, sudah rilis sejak bulan kedua tahun 2014 lalu sob. Meski demikian, kita yang tinggal di Indonesia baru bisa mencobanya sekarang (tepatnya kemarin), kecuali bila Anda menggunakan peranti Android dari Evercoss, yang sudah kebagian Opera Max sejak sekitar 5 bulan yang lalu.

Menghemat Kuota Paket Data Internet Android dengan Opera Max

Apa itu Opera Max? Opera Max adalah aplikasi Android penghemat data internet, baik data seluler maupun Wifi (diklaim bisa hemat sampai 50%). Selain menghemat, Opera Max juga mampu meningkatkan kecepatan akses internet di ponsel atau tablet Android dengan cara mengompres video, gambar, dan laman web yang kita akses.

Bukannya browser Opera (Mini) sudah bisa kompres data? Ngapain pakai Opera Max? Begini sob, Opera Max bukanlah browser, melainkan aplikasi khusus yang bisa memonitor dan mengatur lalu lintas data di peranti Android kita. Jadi selain menghemat data saat kita browsing internet (pakai browser apa saja), Opera Max juga memampatkan pemakaian data dari seluruh aplikasi yang terpasang di ponsel atau tablet Android kita, tanpa mengurangi kecepatannya.

Bagaimana bisa begitu? Opera Max bertindak sebagai VPN dan server proxy di background, yang bisa mengatur keluar masuknya data pada perangkat Android kita. Apakah Opera Max aman? Menurut laman FAQ-nya, Opera Max hanya memampatkan data yang tidak terenkripsi (seperti teks, gambar dan video), sehingga tidak mengganggu koneksi data yang menggunakan HTTPS (koneksi pada saat login misalnya, tidak diapa-apain sob, aman dah).

Opera Max data selulerBlokir akses internet aplikasi dengan Opera Max

Selain memampatkan dan mempercepat koneksi, Opera Max juga bisa digunakan untuk memblokir koneksi data dari aplikasi yang kita inginkan (menghemat kuota sekaligus baterai). Misalnya saja aplikasi A rakus sekali makan kuota data kita, padahal sedang tidak (atau jarang) digunakan, blokir saja pakai Opera Max sob, niscaya aplikasi tersebut tak akan bisa mengakses internet lagi sampai kita membebaskannya :D

Nah, buat Anda yang menggunakan paket data internet dengan kuota terbatas dan ingin berhemat tanpa mengorbankan kecepatan, Opera Max bisa menjadi pilihan yang tepat. Selamat mencoba :)

Download Opera Max untuk Android

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×