18 Januari 2018

Cara Mengubah Android Menjadi Chromecast Audio [Membuat Speaker Wifi Multi-room]

Ditulis oleh pada 18.1.18
Memutar musik dari Android dan menyambungkannya ke speaker bluetooth mungkin sudah biasa kita lakukan. Biar sedikit lebih anti-mainstream, kita juga bisa memainkan musik melalui speaker wifi.

Mengubah Speaker Biasa Menjadi Speaker Wireless

Kenapa speaker wifi? Bila dibandingkan dengan bluetooth, wifi jelas lebih cepat dan stabil sob, sehingga audio yang ditransmisikan lewat wifi ke speaker tentu saja lebih jernih dan berkualitas. Selain itu, karena bandwithnya juga lebih lebar, kita bisa mentransmisikan satu sumber audio ke banyak speaker wifi sekaligus, multi-room audio istilahnya.

Bose SoundTouch
Bose SoundTouch

Masalahnya, harga speaker wifi saat ini belumlah murah sob, sebut saja Sonos One, Yamaha MusicCast, atau Bose SoundTouch (silakan cari tahu sendiri harganya 😀). Tapi tenang, ada juga alternatif murahnya sob, Chromecast Audio misalnya.

Chromecast Audio
Chromecast Audio

Chromecast Audio adalah dongle yang bisa mengubah speaker biasa menjadi speaker wifi. Benar sob, jadi kita masih perlu speaker tambahan untuk dipasangkan dengan Chromecast. Di pasaran online Indonesia, Chromecast Audio dijual dengan rentang harga 500 - 600 ribuan, terhitung murah bila dibandingkan speaker-speaker yang tadi sudah disebut. Mau yang lebih murah lagi? Lanjut bacanya sob.

Seperti yang tertulis di judul artikel ini, kita bisa mengubah ponsel Android menjadi Chromecast Audio menggunakan aplikasi SoundSeeder, tidak persis sama, namun fungsinya hampir serupa.


Membuat Speaker Wifi Multi-room dengan Android dan Aplikasi SoundSeeder


Sebelumnya, siapkan dulu alat dan bahan berikut ini.
  • Dua perangkat Android (lebih juga boleh untuk keperluan multi-room).
  • Speaker dengan input 3.5mm (AUX) atau RCA.
  • Kabel 3.5mm atau kabel 3.5mm to RCA (untuk menghubungkan salah satu Android ke speaker).
  • Jaringan WiFi atau hotspot (tethering juga bisa).
  • Aplikasi SoundSeeder Music Player (Android 4.1+) atau SoundSeeder Speaker (Android 2.2+).

Kenapa harus pakai 2 perangkat Android? Untuk mengubah speaker biasa menjadi wireless diperlukan 2 buah perangkat Android; satu berfungsi sebagai pemutar musik, satunya lagi berperan sebagai speaker (yang terhubung langsung ke speaker lawas Anda melalui kabel). Selanjutnya, ikuti langkah mudah berikut ini.

  1. Hubungkan dua perangkat tersebut pada satu jaringan WiFi yang sama, atau bisa juga menggunakan fitur portable WiFi hotspot.

  2. Pasang dan jalankan aplikasi SoundSeeder Music Player di kedua perangkat Android Anda. Izinkan SoundSeeder untuk mengakses storage pada Android yang digunakan sebagai pemutar musik dan beri nama sesuai selera ("Player M2D" misalnya).

  3. Lakukan hal yang sama pada Android yang akan berperan sebagai speaker namun beri nama yang berbeda ("Speaker M2D" misalnya).

    Player M2D

  4. Pilih dan mainkan musik dari Player M2D melalui menu 'My Music'.

  5. Pada Speaker M2D, buka menu 'SoundSeeder Player' lalu pilih 'Player connection' agar terhubung ke Player M2D.

    Speaker M2D

  6. Nah, musik yang diputar di Player M2D akan sinkron dengan Speaker M2D (diputar secara bersamaan).

  7. Semisal suara yang dihasilkan oleh player dan speaker tidak sinkron, tekan saja tombol 'Sync' untuk menyelaraskannya (coba juga pengaturan Sync Offset).

    SoundSeeder ponsel ke tablet Android

  8. Biar lebih greget, hidupkan speaker lawas Anda kemudian hubungkan dengan Speaker M2D melalui kabel 3.5mm atau RCA.

  9. Bila diinginkan, Anda bisa mematikan suara Player M2D dengan mengetuk ikon speaker (atau tekan tombol volume) sehingga hanya Speaker M2D yang bersuara.

  10. Nah, kini speaker biasa Anda telah berubah menjadi speaker wireless yang bisa memutar lagu dari jarak jauh (sejauh jangkauan jaringan WiFi Anda).

  11. Ingin tambah speaker? Pasang dan jalankan aplikasi SoundSeeder di Android ke-3 (beri nama yang berbeda) lalu ulangi tutorial di atas mulai dari langkah ke-5.

  12. Masih kurang? upgrade ke SoundSeeder full version untuk mentransmisikan audio ke 16 speaker yang berbeda (termasuk Windows, Linux, MacOS, dan Raspberry Pi).

  13. NB: SoundSeeder free atau versi gratisan hanya bisa terhubung ke 2 speaker dan penggunaannya dibatasi 15 menit saja sob.

Buat Anda yang punya banyak speaker dan perangkat Android (dan perangkat lainnya seperti yang telah disebutkan pada langkah 12), aplikasi SoundSeeder sangat cocok untuk membuat jaringan audio nirkabel multi-speaker di banyak ruangan layaknya Sonos atau Chromecast Audio. Selamat mencoba 😊


Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 29/03/2016 dan terakhir diperbarui pada 18/01/2018 untuk menyesuaikan dengan tampilan baru aplikasi SoundSeeder.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×