29 Maret 2016

Mengubah Speaker Biasa Menjadi Speaker Wireless dengan Android

Memutar musik dari Android dan menyambungkannya ke speaker bluetooth mungkin sudah biasa kita lakukan. Untuk hal yang sama, tapi dengan speaker biasa, ternyata juga bisa dilakukan sob, asal speakernya bisa terhubung dengan kabel 3.5mm (bisa juga pakai adaptor 3.5mm to RCA). Iya, tetap pakai kabel, karena speaker jadul tentu belum dilengkapi dengan koneksi wireless macam bluetooth atau wifi.

Mengubah Speaker Biasa Menjadi Speaker Wireless

Jadi harus beli speaker bluetooth ya agar bisa memutar musik secara wireless? Tergantung kebutuhan juga sob. Kalau ada budget, membeli speaker bluetooth tentu tak masalah, namun bila Anda tidak berencana membelinya, speaker biasa yang saat ini Anda miliki bisa disulap menjadi speaker wireless tanpa harus beli alat tambahan.

Bagaimana cara menjadikan speaker lawas menjadi speaker wireless? Mudah sob, siapkan dulu alat dan bahan berikut ini.

  • Dua perangkat Android.
  • Speaker dengan input 3.5mm (AUX) atau RCA.
  • Kabel 3.5mm atau kabel 3.5mm to RCA (untuk menghubungkan salah satu Android ke speaker).
  • Jaringan WiFi atau hotspot.
  • Aplikasi SoundSeeder Music Player (Android 4.1+) atau SoundSeeder Speaker (Android 2.2+).

Kenapa harus pakai 2 perangkat Android? Untuk mengubah speaker biasa menjadi wireless diperlukan 2 buah perangkat Android; satu berfungsi sebagai pemutar musik, satunya lagi berperan sebagai speaker (yang terhubung langsung ke speaker lawas Anda melalui kabel). Selanjutnya, ikuti langkah mudah berikut ini.

  1. Hubungkan dua perangkat tersebut pada satu jaringan WiFi yang sama, atau bisa juga menggunakan fitur portable WiFi hotspot.

  2. Pasang dan jalankan aplikasi SoundSeeder Music Player di kedua perangkat Android Anda. Beri nama 'Player' untuk Android yang akan digunakan sebagai pemutar musik (1), dan beri nama 'Speaker' untuk Android yang akan berperan sebagai speaker (2).

    SoundSeeder Music Player


  3. Hidupkan speaker lawas Anda kemudian hubungkan dengan Android yang berperan sebagai speaker (2) melalui kabel 3.5mm atau RCA. Kemudian atur Android (2) ke 'Speaker Mode' melalui 'Menu bagian kiri > Speaker Mode'.

  4. Putar lagu melalui aplikasi SoundSeeder di Android (1) dan otomatis Android (2) akan memutar lagu yang sama dalam waktu yang bersamaan pula (sinkron).

    SoundSeeder Speaker


  5. Bila diinginkan, Anda bisa mematikan suara Android (1) dengan mengetuk ikon speaker (atau tekan tombol volume +/- lalu ubah tombol ON menjadi OFF), sehingga hanya Android (2) yang bersuara.

  6. Nah, kini speaker biasa Anda telah berubah menjadi speaker wireless yang bisa memutar lagu dari jarak jauh (sejauh jangkauan jaringan WiFi Anda).

Buat Anda yang punya banyak speaker dan perangkat Android, aplikasi SoundSeeder (versi premium) bisa digunakan untuk mentransmisikan audio yang sama sampai ke 16 speaker yang berbeda. Sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat jaringan audio nirkabel multi-speaker di banyak ruangan (layaknya Sonos atau Chromecast/Google Cast Audio). Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×