05 Oktober 2016

Cara Membuka Flashdisk di Android dengan Micro USB OTG Adapter

Pada artikel sebelumnya, Memudahkan telah membahas bagaimana cara mengubah flashdisk USB 2.0 biasa menjadi flashdisk micro USB OTG. Sebagai lanjutannya, kali ini kita akan mengulas secara singkat tentang cara membuka flashdisk di Android dengan micro USB OTG Adapter.

Buka Flashdisk di Android dengan adaptor Micro USB OTG

Iya, selain di PC atau laptop, ternyata kita juga bisa membuka file-file dalam flashdisk menggunakan Android (yang mendukung fitur USB host atau USB On the GO). Tidak hanya membuka, aktifitas eksekusi file lain seperti copy, cut, paste, dan delete file flashdisk di Android bisa pula kita lakukan.


Video Tutorial Koneksi Flashdisk ke Android


Caranya sebenarnya sangat mudah sob, tinggal hubungkan flashdisk dengan kabel OTG (bisa juga pakai adaptor USB ke micro USB), kemudian tancapkan ke ponsel atau tablet Android. Pada beberapa tipe Android (Samsung atau Asus misalnya), aplikasi file manager akan terbuka secara otomatis seiring terdeteksinya flashdisk, seperti yang tampak pada video ini.


Alternatifnya, kita juga bisa membuka aplikasi manager secara manual setelah menancapkan flashdisk ke Android. Secara umum, flashdisk akan dikenali Android dengan nama direktori/folder USB drive, USB storage, atau removable storage (agak rancu dengan kartu SD). Silakan buka folder tersebut untuk mengesekusi file-file yang Anda inginkan.

Setelah puas bermain-main dengan file-file tersebut, jangan lupa untuk melakukan ritual unmount agar flashdisk aman untuk dicabut. Caranya sudah ada di video, atau bisa juga melalui 'Setting > Storage'.

Sebagai catatan, tidak semua perangkat Android bisa dipakai untuk membuka flashdisk (copy paste file dari Android ke flashdisk dan sebaliknya). Apakah Android tipe ini bisa min? Langsung praktek saja sob, atau baca dulu artikel mengenai USB OTG Android di blog ini untuk info yang lebih lengkap. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×