06 Desember 2015

Menampilkan Layar Android di Monitor PC atau Laptop (Screen Mirroring)

Apa gunanya menampilkan layar Android ke monitor PC atau laptop? Untuk Anda yang sering menghabiskan waktu di hadapan layar monitor, rasanya pasti lebih nyaman bila bisa BBM-an atau WhatsApp-an langsung di komputer, pakai keyboard dan mouse. Tidak hanya chatting, dengan menampilkan layarnya di monitor PC, kita bisa mengendalikan ponsel atau tablet Android tanpa menyentuhnya. Bagaimana caranya?

Menampilkan Layar Android di Monitor PC

Sebelum ini, Memudahkan pernah membahas cara mengendalikan Android melalui PC dengan aplikasi Vysor, yang mengharuskan kita menggunakan kabel USB untuk menghubungkan Android ke PC. Sedikit berbeda, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menampilkan layar Android di PC atau laptop dan mengendalikannya secara nirkabel (via WiFi) dengan aplikasi AirDroid.

Penting diketahui, mengendalikan Android via WiFi membutuhkan akses root. Oleh karena itu, bila Anda belum memiliki akses root, cek artikel mengenai Vysor melalui link di paragraf sebelumnya.

Apa itu AirDroid? Buat yang belum tahu, AirDroid pada dasarnya adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengirim dan menerima file dari Android ke PC dan sebaliknya. Seiring waktu, AirDroid juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, salah satunya adalah AirMirror. Pernah mendengar atau membaca istilah screen mirroring? Nah, AirMirror bisa dikatakan sebagai fungsi screen mirroring yang ditawarkan oleh AirDroid.

Lebih lanjut, AirMirror bisa kita manfaatkan untuk menampilkan antarmuka ponsel atau tablet Android di layar PC berbasis Windows atau Mac. Selain itu, kita juga bisa berinteraksi dengan antarmuka Android tersebut menggunakan mouse dan keyboard layaknya mengoperasikan program di PC pada umumnya.

Tertarik untuk mencoba? Siapkan alat dan bahan berikut.
  • Ponsel atau tablet Android 4.x ke atas dengan akses root.
  • Aplikasi AirDroid untuk Android.
  • Seperangkat PC atau laptop berbasis Windows atau Mac (untuk tutorial ini saya menggunakan Windows).
  • Aplikasi AirDroid untuk PC.
  • Jaringan WiFi.

Selanjutnya, ikuti tutorial menampilkan layar Android di PC atau laptop Windows di bawah ini.

Pastikan PC dan Android Anda telah tersambung pada jaringan WiFi yang sama.

Unduh dan pasang aplikasi AirDroid, baik di perangkat Android maupun PC.

Buat akun AirDroid melalui Android (ketuk ikon avatar) kemudian login ke AirDroid versi PC dengan akun yang sama.

ikon avatar


Setelah login, Android Anda akan otomatis tersambung ke PC melalui AirDroid.

Di AirDroid versi PC, klik ikon AirMirror (ikon teropong).

AirMirror



Klik nama perangkat Android Anda (lewati langkah ini bila hanya ada satu perangkat Android yang terhubung ke PC).

Think BIG


Di Android, izinkan AirDroid untuk mengakses root.

Superuser


Nah, kini layar Android Anda sudah terpampang di jendela AirMirror. Gunakan mouse untuk berpindah antar laman dan keyboard untuk mengetik.

jendela AirMirror


Bagaimana dengan tombol navigasinya? Sudah tersedia di sisi bawah jendela AirMirror sob, selain tombol back, home, dan recent, tersedia pula tombol untuk mengambil screenshot, tombol fullscreen, dan tombol keyboard (berguna untuk menghidupkan dan mematikan keyboard bawaan Android).

tombol navigasi


Seperti screenshot di atas, saya mencoba menjalankan WhatsApp di PC via fitur AirMirror di AirDroid. Meskipun tidak selancar aslinya, berkirim pesan di WhatsApp di layar PC bisa dibilang cukup fungsional dan memudahkan. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×